Pedagang Kembang Api Musiman Menjamur saat Ramadhan

Ramadhan, banyak pedagang musiman bermunculan seperti pedagang petasan. (Foto : azka/klikkalsel)

BANJARMASIN,klikkalsel – Ramadhan adalah bulan yang penuh hikmah dan berkah, dan saat itu banyak pula pedagang musiman bermunculan, baik pedagang kue, pedagang minuman, makanan dan sebagainya dan salah satunya adalah pedagang kembang api. Sebab, Ramadhan tak lepas dari kembang api baik itu petasan, mercon, dan sejenisnya.

Dan saat klikkalsel di lapangan ,Jumat (16/5/2019) banyak sekali terlihat bermunculan pedagang kembang api, Seperti dikawasan Sudimampir, Veteran, Kampung Melayu, dan beberapa tempat lainnya.

Pada bulan tersebut keuntungan sehari bisa mencapai ratusan ribu rupiah. “Jika pas ramai keuntungan yang didapat bisa mencapai Rp 400 ribu hingga Rp600 ribu perharinya,” ucap Juki yang berjualan di kawasan Kelayan.

Tak jauh beda dengan Iray pedagang di kawasan Jembatan Antasan mengatakan, omset jualan mencapai jutaan rupiah seharinya saat Ramadhan.

Ia juga mengatakan bahwa dirinya memang berjualan kembang api tersebut setiap harinya.

“Di hari biasa dan bukan pada Ramadhan memang berjualan kembang api. Kalau hari biasa di luar Ramadhan sehari mendapatkan keuntungan Rp200 – Rp 300 ribu perharinya namun pada Ramadhan bisa mencapai jutaan,”ucapnya.

Ririn remaja yang juga berjualan kembang api di salah satu Komplek di Sungai Andai, mengatakan baru tahun ini bejualan kembang api tersebut, dan keuntunganya lumayan.

“Sehari dari keuntungannya Rp50-75 ribu, maklum hanya kecil-kecilan tak banyak jenis kembang api yang dijual,”katanya. (azka)

Editor : Farid