Pawai Budaya Sarabakawa 2 Tampilkan Beragam Karya Seni Budaya Se Kalimantan

Iring-iringan peserta Pawai Budaya Sarabakawa 2. (foto : arif/klikkalsel)
TANJUNG, klikkalsel – Ribuan peserta Pawai Budaya menampilkan kreasianya di sepanjang jalan pusat kota Kabupaten Tabalong pada, Sabtu, (30/11/2019).
Dengan menggunakan beragam pakaian tradisional, peserta pawai yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan ini berjalan beriringan dari Halaman Pendopo Bersinar, Pembataan dan finish di Tanjung Expo Center.
Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tabalong, Masdulhak mengatakan, kegiatan yang bertajuk Pawai Budaya Sarabakawa ke 2 merupakan salah satu rangkaian Festival Budaya Sarabakawa ke 2 Tahun 2019 yang juga dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tabalong ke 54.
“Yang pada hari ini pesertanya berasal dari berbagi kota dan kabutan se Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah serta Kalimantan Timur,” ucapnya.
Masdulhak menjelaskan, kegiatan ini mencerminkan dari kearifan lokal, kebaragam seni dan budaya. Keberagaman seni budaya yang perlu difasilitasi dan diimplementasikan secara optimal di masyarakat.
“Keberagaman seni budaya yang ada di Kalimantan merupakan kearifan lokal yang terus dilestarikan sehingga keberadaannya terus terjaga berkembang tanpa lenyap ditelan perkembangan jaman,” jelasnya.
Sementara, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani memberikan apresiasianya kepada pihak penyelenggara Pawai Budaya Sarabakawa ke 2.
“Tetapi apresiasi yang lebih tinggi dan mendalam ingin saya sampaikan kepada peserta yang ikut dalam pawai budaya ini,” katanya.
Selain itu, menurut Anang, kegiatan ini sekaligus membuktikan kepada dunia bahwa Kalimantan sangat akan berbagai macam seni dan budaya.
“Karnanya saya berharap kegiatan ini dapat terus menerus kita laksanakan, supaya bisa menjadi kalender dan bisa menjadi event pariwisata untuk nasional,” ucapnya.
(foto : arif/klikkalsel)
Anang juga menambahkan, kegiatan Pawai Budaya Sarabakawa ini menunjukkan kesiapan Kabupaten Tabalong dari segi dan budaya mendukung dan bersukur Kalimantan Timur menjadi ibukota negara.
“Dan kita yang berada di sekitar ibukota negara akan mensuport dan memberikan dukungan bahwa semuanya ada di tempat kita,” imbuhnya. (arif)
Editor : Amran