Pastikan Prorgam Revolusi Hijau Bergerak, Gubernur Cek Pohon Bambu di SKPD

Didampingi sejumlah Kepala SKPD, Paman Birin berkeliling ke kantor SKPD di Kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel, Jumat (1/2). (Istimewa)

BANJARBARU, klikkalsel – Program Revolusi Hijau yang digelorakan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, tidak sebatas menanam pohon. Melainkan merawat dan memastikan pohonnya tumbuh.

Beberapa waktu lalu, gubernur yang akrab disapa Paman Birin, memimpin penanaman bambu sebanyak 400 batang di Miniatur Hutan Hujan Tropis dan Kantor SKPD Pemprov Kalsel.

Didampingi sejumlah Kepala SKPD, Paman Birin berkeliling ke kantor SKPD di Kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel, Jumat (1/2). Tujuannya, mencek apakah tanaman bambu dan tanaman lainnya yang ditanam benar-benar dijaga dan dirawat.

Pengecekan dilakukan setelah melaksanakan apel pagi dan senam bersama. Sidak yang dilakukan, sontak membuat kaget para ASN yang sedang beraktifitas.

Seperti saat kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika. Selain mengecek tanaman bambu, seperti di Kantor SKPD lainnya, Paman Birin beserta rombongan juga melakukan sidak ke dalam ruangan.

Menurut Paman Birin, pentingnya program Revolusi Hijau karena dapat mengurangi lahan kritis dan meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup.

Khusus untuk pohon bambu, jelas Paman Birin, bermanfaat sebagai pengendali perubahan iklim, baik untuk rehabilitasi lahan terdegradasi, mampu menyerap dan menyimpan karbon.

Selain itu, berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, karena bambu dapat diolah menjadi berbagai macam produk.

“Bambu banyak memiliki manfaat bagi lingkungan. Jika diolah, memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya. (rny/bdm/hms)

Editor : Farid