Banjarmasin

Pasar Rakyat dan UMKM Kreatif Ramaikan Taman Kamboja

BANJARMASIN, klikkalsel- Pasar Rakyat dan UMKM Kreatif dilaksanakan MHM Official bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, bertempat di Lapangan Samping Taman Kamboja.

Pada Acara tersebut Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Wakil Walikota Banjarmasin H Hermanayah, serta Dandim 1007 Letkol Inf Nopid Arif membuka secara resmi Pasar Rakyat dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kreatif di Lapangan Taman Kamboja, Jumat (22/2/2019).

Pasar rakyat tersebut menyuguhkan puluhan stand UMKM yang mendagangkan beberapa produk unggulan seperti kain sasirangan dan berbagai macam kuliner.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengungkapkan pasar rakyat ini merupakan gerakan untuk mengangkat pangsa pasar rakyat dengan metode usaha kecil berbasis ekonomi kreatif.

“Saya bersyukur hari ini kita melaksanakan pasar rakyat dan UMKM kreatif. Kalau pasar rakyat kan memang ada sebuah gerakan untuk kembali ke pasar rakyat, tapi lebih ditekan kepada aspek kreatifnya,” ucap Ibnu Sina.

Selain itu kata dia, di Banjarmasin sudah ada forum ekonomi kreatif yang mana berbagai macam unsur ekonomi kreatif masuk di forum tersebut.

“Jadi saya kira dengan pasar rakyat inilah spirit kolaborasinya harus kita kedepankan untuk bersama mengangkat usaha kecil ekonomi kreatif sampai ekonomi berbasi digital,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Pemerhati Pengembangan Ekonomi Lokal, Sri Hidayah yang juga selaku Ketua panitia pelaksana pasar rakyat dan UMKM kreatif mengatakan ada sebanyak 22 stand.

Namun dari 22 stand tersebut yang merupakan UMKM baru binaan dari MHM official ada sebanyak 10, yang sisanya kemudian diisi UMKM binaan Dinas Koperasi Kota Banjarmasin, lingkungan hidup dan IWAPI.

“Sebenarnya ada 22 stand namun 1 stand itu isinya ada yang lebih dari 1 UMKM, jadi partisipannya lebih dari 22 UMKM,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Alfarabi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top