Pasang 3.100 Sambungan Baru, PDAM Jamin Kapasitas Air Mencukupi

BANJARMASIN, klikkalsel – Tahun ini PDAM Bandarmasih akan memasang 3.100 sambungan baru di kawasan pemukiman dan perumahan Banjarmasin.

Perusahaan milik Pemko Banjarmasin tersebut menjamin kapasitas ketersediaan air baku dan air ledeng untuk sambungan baru mencukupi.

“Kondisi saat ini, untuk kapasitas air bersih kita masih berlebih 500 liter kubik. Jadi kalau untuk 3.000 sambungan baru itu sangat kecil bagi kita,” ujar Manager Operasional PDAM Bandarmasih Supian, di kantor PDAM Bandarmasih, Jumat (11/1/2019)

Jadi, kata dia, secara kapasitas mencukupi dan tidak masalah untuk 3.100 pelanggan baru. Namun yang paling utama menjadi perhatian PDAM Bandarmasih adalah ketersediaan air baku.

“Kalau instalasi mencukupi. Cuma kuantitas air baku saja yang perlu kita koordinasikan untuk penyediaan air bakunya,” timpalnya.

Saat ini, kata Supian, jumlah air baku yang masuk sama suplai atau outputnya itu sama masih seimbang. Walaupun ada penambangan 3.000 pelanggan.

Ia berharap, tidak terganggu dengan musim kemarau yang berkepanjangan. Kalau musim kemarau tidak berkepanjangan atau relatif sama dengan tahun kemarin maka tidak akan ada permasalahan. “Kalau begitu, kita aman-aman saja untuk air baku,” sebut dia.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin H Bambang Yanto mengatakan, PDAM Bandarmasih juga sudah mendukung ketersediaan layanan air bersih kepada pelanggan.

Sehungga dengan pemasangan jaringan pipa primer sepanjang 2.000 meter, dan pipa sekunder sepanjang 22.000 meter yang dilaksanakan pada 2019.

Tujuannya mengantisipasi keluhan masyarakat yang keterbasatan air selama ini. Sebab, dari hasil reses anggota dewan masih ada saja warga yang mengeluhkan air PDAM hanya mengucur malam hari. “Disini banyak masyarakat yang begadang menunggu air,” imbuhnya.

Disamping itu, pemasangan jaringan pipa tersebut juga untuk pergantian pipa yang sudah berumur lebih 20 tahun.

“Semoga program kerja ini bisa berjalan semaksimal mungkin,” katanya lagi.(farid)

Editor : Alfarabi