Indek Berita

Partisipasi Pemilih Pilkada Lebihi Target RPJMD

BANJARMASIN, klikkalsel – Jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2018 di empat kabupaten di Kalsel mengalami peningkatan. Bahkan, melewati target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Berdasarkan data, pemilih pada Pilkada Hulu Sungai Tengah (HSS) jumlah partisipasi masyarakat mencapai 76 persen, atau telah melebihi target dalam RPJMD HSS yang hanya 71 persen

Sedangkan untuk Pilkada Tanah Laut, jumlah yang menggunakan hak pilih mencapai 76,69 persen dari target pemilih dalam RPJMD Tanah Laut yang 75 persen.

Kemudian Pilkada Tapin persentase pemilih 83 persen, dari target partisipasi pemilih berdasarkan RPJMD Tapin sebanyak 75 persen.

Sementara Pilkada Tabalong belum 100 persen. Sebab, input scan data C1 di Situng (Sistem Informasi Hitungan) Pilkada Tapin belum masih berlangsung di kecamatan setempat.

Ketua KPU Kalsel Edy Ariansyah mengatakan, target partisipasi pemilih dari KPU hanya menyesuaikan dengan target yang dicanangkan oleh kabupaten masing-masing melalui RPJMD.

“Walau saat ini belum ada data resmi, tapi peningkatan pemilih sudah kelihatan,” jelas mantan staf ahli divisi penyelesaian sengkeya Bawaslu RI kepada klikkalsel.com, Senin (2/7/2018).

Ia mengapresiasi animo masyarakat memberikan hak pilih. “Ini menunjukkan adanya kesadaran masyarakat menggunakan hak politiknya secara kuantitas,” katanya.

Namun, secara kualitatif KPU terus menerus berupaya melalui pendidikan politik, untuk mewujudkan relawan demokrasi dan mendorong partisipasi berbagai elemen melakukan pemantauan.

“Selain kesadaran pemilih berdemokrasi, juga tidak lepas dari peran serta semua pihak menyukseskan Pilkada,” sebutnya. (baha)

Editor : Farid

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top