Partai Nasdem Rampung Susun Fraksi dan AKD di Dewan Kalsel , Guntur Prawira Persilahkan Pers Kritik Kadernya

Ketua DPW Partai NasDem Kalsel Guntur Prawira membacakan hasil rapat fraksi DPRD Kalsel kepada awak media. (foto : rizqon/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Sehari pascapelantikan 55 anggota DPRD Kalsel periode 2019-2024, masing-masing partai mulai menyusun anggota Fraksi dan menentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di rumah Banjar Jalan Lambung Mangkurat, Selasa (10/9/2019).

Salah satunya, Partai NasDem menggelar rapat di ruang Fraksi yang dipimpin langsung oleh Ketua DPW Partai NasDem Guntur Prawira. Hasil rapat memutuskan Gina Mariati ditetapkan sebagai Ketua Fraksi Partai NasDem, Gusti Miftahul Chotimah sebagai wakil ketua, H Iberahim Noor mejabat sekretaris, dan anggota fraksi adalah Akhmad Rozanie Himawan Nugraha.

Guntur Prawira menerangkan hasil rapat juga telah menetepkan para kader NasDem di Rumah Banjar, untuk menduduki jabatan komisi DPRD Kalsel. Komisi I diisi Gina Mariati, Komisi II diisi Akhmad Rozanie Himawan Nugraha, Komisi III diisi Gusti Miftahul Chotimah, serta Komisi IV diisi H Iberahim Noor.

Dalam memutuskan posisi ketua fraksi tersebut, Guntur Prawira mengatakan diberlakukan sistem nilai, perolehan suara, integritas di parpol, dan pendidikan.

“Dari empat kriteria itu, dua calon dengan nilai sama, yaitu Gina Mariati dan H Iberahim Noor. Kami ingin ada penggantian atau regenerasi, sehingga melalui keputusan bersama Gina terpilih menjadi ketua fraksi,” terang tokoh senior di banua kepada awak media.

Selanjutnya, DPW Partai NasDem juga mengamanahkan Gina Mariati dan H Iberahim Noor menempati jabatan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kalsel. Untuk posisi anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda) diisi Gusti Miftahul Chotimah dan Akhmad Rozanie Himawan Nugraha. Khusus posisi Badan Musyawarah (Banmus) diisi Akhmad Rozanie Himawan Nugraha.

Guntur Prawira menjelaskan, satu kader mendapat posisi tugas di dua alat kelengkapan dewan tidak menjadi persoalan, sejauh bukan struktur utama fraksi. Langkah ini juga untuk memenuhi rasa keadilan sehingga yang jadi anggota diberi dua mandat.

“Partai NasDem bersyukur dengan semboyan aku ‘Perlahan Tapi Pasti’. Partao NasDem ini bisa naik dari 2014 hingha 2019 sebanyak 32,3 persen. Aku titip dengan teman-teman pers, apabila mereka tolong dikoreksi. Dengin kritik yang membangun, aku minta tulisannya kepada kawan-kawan,” pungkasnya. (rizqon)

Editor : Farid