Parpol Saling Klaim Kemenagan, KPU Ingatkan Cegah Provokasi

Komisioner KPU Kalsel Hatmiati Mas'ud (pakaian warna merah) saat penandatanganan di salah satu agenda tahapan pemilu. (foto:rizqon/dok.klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Sejumlah partai politik telah mengkalim raihan kursi wakil rakyat di tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Bahkan ada yang mengklaim kemenangan partai mendominasi suara di dalam Pemilu 2019.

Saling klaim raihan kursi dan kemenangan itu, diakui sejumlah partai politik di Bumi Antasari. Berdasarkan rekapitulasi penghitungan secara mandiri oleh partai politik usai memegang folmulir C1 atau penghitungan TPS di se Kalsel yang diperoleh para saksinya.

Padahal tahapan proses pemilu 2019, memasuki dan masih berproses rapat pleno rekapitulasi suara di seluruh kecamatan se Kalsel.

“Silahkan mereka mengklaim, karena proses penghitungan kami berjenjang. Mereka mengklaim menang atau sebagainya,” terang Komisioner KPU Kalsel Hatmiati Mas’ud kepada Klikkasel.com.

Meski, KPU Kalsel mempersilahkan partai potilik mengumumkan peroleh suaranya versi penghitungan mandiri melalu media massa, KPU meminta dan mengharapkan agar klaim tersebut tidak menjadi sumbu gesekan antar peserta pemilu.

Hatmiati Mas’ud selaku Koordinator Bidang Teknis menegaskan agar masyarakat menunggu hasil penghitungan KPU yang dipantau bersama peserta pemilu, dan pihak lainnya.

“Yang penting dan himbaun kepada seluruh peserta pemilu serta masyarakat kita tunggulah perhitungan manual dari KPU. Jangan membuat suasana damai seperti ini, pencoblosan berlangsung aman dan kondusif dikotori dengan hal provokasi,” pungkasnya.(rizqon)

Editor : Amran