Parade Jukung HUT Bhayangakara Jadi Daya Tarik Wisatawan Lokal dan Asing

BANJARMASIN, klikkalsel – Pencatatan Rekor Parade Jukung Terbanyak di Pasar Terapung dalam rangkaian HUT Bhayangkara yang diinisiasi Polda Kalsel di Siring Piere Tendean, Sungai Martapura menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Parade jukung dengan kain metah dan putih membuat formasi bendera merah putih. (foto : wamen/klikkalsel)

Bahkan, kegiatan itu dihadiri banyak wisatawan hingga Siring Tandean dipenuhi pengunjung sampai membludak.

Hadi (36), warga Banjarmasin yang sengaja datang ke Siring bersama istri dan kedua anaknya untuk menyaksikan Parade Jukung tersebut.

Menurutnya, biasanya dirinya ke Siring hanya melihat puluhan jukung di Pasang Terapung Siring Piere Tendean, kali ini ia bersama warga lain menyaksikan ratusan jukung-jukung tersebut berparade.

Parade jukung yang merupakan ke khasan warga Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin ini bukan hanya menarik bagi warga lokal, namun juga menjadi daya tarik wisatawan asing.

Salah satunya bagi pasangan Valire dan Jennifer yang merupakan warga negara Prancis ini.

Valire dan teman wanitanya khusus menyempatkan diri menyaksikan parade ini sebelum kembali ke Jakarta yang kemudian pulang ke negara asalnya.

“it is beautiful, more beautiful than I have ever seen in thailand (Ini indah sekali, lebih indah dari yang pernah saya saksikan di Thailand – Red),” ujar Valire.

Warga yang datang bukan hanya disuguhkan dengan Parade Jukung namun juga di berikan pertunjukan jukung dengan berbagai formasi antara lain formasi merah putih.

Ratusan jukung tersebut dibagi dalam dua kelompok, yang mana setiap kelompok memegang kain warna merah dan putih. Sehingga saat dibentangkan membentuk formasi merah putih.

Parade jukung membuat formasi bunga teratai. (foto : david/klikkalsel)

Selain itu juga dibentuk formasi teratai, dimana beberapa jukung membuat formasi dengan bagian buritan yang disatukan sehingga terlihat seperti teratai yang mengapung di air. (david)

Editor : Farid

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan