Para Korban Kebakaran di Pasar Batuah Minta Bantuan Material ke Pemerintah

Seorang nenek mencari barang yang masih bisa digunakan di puing kebakaran. (foto : rizqon/klikkalsel)
BANJARMASIN, klikkalsel – Sehari pasca kebakaran yang melanda Gang Rahmat Jalan Manggis, di lingkungan Pasar Batuah Kelurahan Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur. Sejumlah warga yang terdampak masih membersihkan puing-puing, Rabu (13/11/2019) sore.
Suasana haru mewarnai saat warga mencari barang yang masih bisa digunakan, seperti pakaian dan perabotan rumah tangga. Kebakaran yang terjadi pada Selasa (12/11/2019 sore, begitu cepat merembet ke bangunan lain, sehingga korban kebakaran tidak sempat menyelamatkan barang berharga milik mereka.
Baca Juga : Hermansyah Tinjau Lokasi Kebakaran di Pasar Batuah
Ketua RT 12, Juhran mengatakan data terakhir ada 26 rumah hangus terbakar yang dihuni 26 kepala keluarga.
“Di sini pemukiman padat penduduk, rata-rata rumah warga dari kayu. Hampir seluruhnya rusak berat hangus jadi arang,” ucap Juhran yang rumahnya juga ludes diamuk kobaran api.
Lantas warga pun meminta bantuan material kepada pemerintah saat kunjungan Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah di lokasi kejadian. Warga berharap permintaan tersebut menjadi perhatian. Bahan bangunan yang diminta seperti kayu, papan, seng pasir dan semen, untuk membangun kembali rumah mereka yang sudah menjadi arang.
“Pak Wakil, izin mewakili warga kami meminta bahan bangunan, untuk memperbaiki rumah,” sebut Humaidi di sela penyerahan bantuan berupa bahan pokok makanan dan alat masak oleh Dinas Sosial Banjarmasin.
Baca Juga : Diawali Bantuan Swadaya Masyarakat, Rumah Nenek Sabariah Kini Mendapat Perhatian Wakil Rakyat
Menanggapi hal tersebut, Hermansyah mengaku belum tersedia anggaran untuk pengadaan barang yang diminta di pemerintah Kota Banjarmasin. Namun, pihaknya turut berduka atas musibah yang terjadi dan menghimbau para dermawan dan ASN untuk turut serta menyumbang, agar meringankan beban warga yang terdampak kebakaran.
“Kita menghimbau para dermawan, para perusahaan yang ada di Banjarmasin dengan CSRnya agar memberikan bantuan agar mengurangi beban mereka yang tertimpa musibah ini,” tutur Wakil Walikota Banjarmasin kepada klikkalsel.com.
Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah meninjau puing kebakaran di lingkungan Pasar Batuah Jalan Manggis Kecamatan Banjarmasin Timur. (foto : rizqon/klikkalsel)
Sementara itu, para korban yang tempat tinggalnya terbakar habis, terpaksa mengungsi ke rumah tetangga terdekat. Seperti diberitakan sebelumnya, peristiwa kebakaran tersebut turut menelan korban jiwa atas nama Irwan Dani Rasyid 35 tahun yang tewas akibat tersengat aliran listrik saat api berkobar di tengah guyuran hujan. (rizqon)
Editor : Akhmad