Panwaslu Minta KPU Tingkatkan Keamanan Gudang Logistik KPU

BANJARMASIN, klikkalsel- Panita Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Banjarmasin datangi gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin di Jalan Sultan Adam, Senin (11/2/2019).

Kedatangan komisioner Panwaslu ini guna memantau secara intens perakitan kotak suara pada Pemilu 2019 yang dihelat pada 17 April 2019 mendatang.
Pasalnya ada sebanyak 9.475 kotak suara yang dirakit di gudang KPU tersebut.

Komisioner Panwaslu Banjarmasin, Rahmadiansyah menuturkan, proses perakitan kotak suara tersebut telah sesuai dengan rencana,

“Semua yang dilakukan sudah sesuai dengan rencana awal dan sedapat mungkin mampu selesai tepat waktu, karena masih banyak yang harus dipersiapkan untuk Pemilu yang tinggal menghitung hari,” tuturnya.

Ia menambahkan, setelah proses perakitan selesai pihak KPU harus dapat mengantisipasi keamanan dari kotak suara dari segi penyimpanan maupun pendistribusiannya.

“Gudang ini harus diantisipasi keamanannya, karena tidak hanya kotak suara yang akan disimpan, tetapi ada juga formulir, hologram serta segel-segel pencoblosan,” ucap Rahmadiansyah.

Maka dari itu, Panwaslu terus mendorong KPU agar mempersiapkan pengamanan logistik Pemilu yang tersedia saat ini.

Sementara itu Ketua KPU Banjarmasin, Khairunnizan menyampaikan, pihaknya akan terus mengantisipasi segala cara untuk pengamanan logistik Pemilu.

“Kami akan terus mengecek dan mengawasi keamanan gedung penyimpanan ini agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” tandasnya.

Adapun pengamanan tersebut meliputi pencegahan kebocoran musim hujan yang mengakibatkan lapuknya kotak suara, konsleting listrik yang mengakibatkan terbakar atau ada tikus yang menggeroti karton-karton kotak suara.(fachrul)

Editor : Alfarabi