Pangeran Suriansyah Pioner Dalam Dakwah

Bedah Buku Sultan Suriansyah (foto : azka/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel- Pangeran Suriansyah merupakan salah satu yang bejasa di tanah Banjar dengan keyakinan tanpa ragu memeluk agama Islam, bahkan Pioner sebagai pendakwah Islam.

Sultan Suriansyah, Raja Banjar yang pertama dalam mememluk Islam, bahkan sebagai peletak dasar kesultanan banjar yang mampu eksis selama berabad-abad lamanya.

Hal tersebut dikatakan Datu Cendekia Hikmadiraja (DCH), Kesultanan Banjar Ahmad Barjie B pada Bedah Buku Sultan Suriansyah di Gedung Tahfidqur’an Ummu Qura di Banjarmasin, Mnggu, 10/2/2019.
Dikatakannya, Suriansyah adalah raja yang mampu membangun jaringan Islam yang kuat bersama para tokoh ulama lokal pada saat itu.

Bahkan beliau mampu membagun jaringan nasional dan internasional, baik untuk mensukseskan dakwah islam maupun memperkuat kerajaan banjar.

“Beliau mendapat gelar dari bangsa Arab yang datang ke tanah banjar dengan sebuatan Sultan Surya Nullah,” katanya.

Melihat riwayat serta jejak rekam beliau, dakwah beliau dengan cara damai, mampu menjaga kerukunan warga termasuk rakyatnya yang tidak bersedia masuk islam.

Bahkan mereka yang telah memeluk Islam hendaknya meyakini dan melaksanakan ajaran-ajaran Islam dengan sebaik-baiknya.

“Hal tersebut patut diapresiasi karena dakwah memang tidak memaksa orang,” tambah Ahmad .

Sementara Wahyudi Ibnu Yusuf, Pengasuh Majelis Talim Darul Ma’ Arif mengatakan kajian bedah buku tentang Sultan Suriasyah tersebut sangat bagus, dimana raja banjar mendakwahkan Islam perlu diteladani.

Sultan Suriansyah menjadikan seluruh keluarganya muslim dan menjadikan Islam resmi di negara Kesultanan Banjar.

“Wajar jika jasa beliau tetap harum dan dikenang masyarakat banjar, bahkan nama beliau diabadikan untuk banyak hal, seperti Gedung Sultan Suriansyah, Masjid Sulatan Suriansyah,” tandasnya.(azka)

Editor : Alfarabi