HST

Pandangan Umum Fraksi partai politik terhadap RAPBD HST tahun 2021

BARABAI, Klikkalsel.com DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) gelar Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian pandangan Fraksi Partai Politik terhadap Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD), Selasa (10/11/2020).

Rapat paripurna digelar setelah Bupati Hulu Sungai Tengah menyerahkan nota RAPBD, Senin 9 November 2020.

Dalam penyampaian tersebut 5 fraksi Parpol yang terdiri dari Gerindra, Golkar, Nasdem, PKS dan PPP menyampaikan pandangan terhadap RAPBD tahun anggaran 2021

Fraksi Partai Golkar mendukung upaya pemerintah daerah melalui kebijakan Pemda menyusun RABD Tahun 2021, guna memperkuat ketahanan ekonomi HST dan menekankan masih banyak pos pendapatan daerah yang dapat dioptimalkan juga mengungkap alokasi anggaran yang tepat sasaran untuk pembangun daerah dan penanganan Covid-19 saat ini.

Sementara Fraksi Partai Gerindra setuju pembahasannya dilanjutkan, hal ini dimaksudkan agar penanganan Covid-19 dapat efektif, serta untuk pemulihan perekonomian akibat Covid-19 untuk menuju tatanan hidup baru di era New Normal.

Selain itu, juga mengajak mendorong pemerintah daerah untuk melakukan pembangunan sumber daya manusia serta membuka lapangan kerja baru.

Sedangkan Fraksi Partai Nasdem, menyikapi proyeksi target pendapatan daerah, tidak masalah belum mencapai target, terpenting dapat memprioritaskan jaminan kesehatan terhadap masyarakat termasuk para aparatur desa, serta tenaga honorer serta tunjangan bagi warga miskin, serta mempertanyakan beberapa hal terkait pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Fralsi PKS, mengajak bahu-membahu dalam membangun daerah akibat dampak Covid-19, target pertumbuhan ekonomi perlu dikaji ulang agar penyerapannya dapat optimal untuk menentukan langkah konkrit dalam upaya pemberantasan kemiskinan.

Anggaran pertanian tidak proporsional untuk menunjang sektor pertanian mengingat HST sebagian besar masyarakat adalah petani.

Fraksi PKS juga meminta penangan narkotika dioptimalkan dan Pemda lebih tegas dengan berkoordinasi dengan pihak berwenang, warung- warung malam karena HST adalah kota yg dikenal religius serta meminta agar realisasi terhadap pembangunan prasarana dan infrastruktur dipercepat.

Fraksi PPP, setuju pembahasan dilanjutkan, supaya diperhitungkan secara cermat agar anggaran dapat diserap dengan tepat sasaran baik untuk pembangunan infrastruktur serta pemulihan perekonomian.

Ditemui usai Paripurna, H Rahmadi mengatakan sebagian pembangunan yang belum terealisasi oleh Pemerintah Daerah disampaikan oleh kawan-kawan tadi kepada Bupati A Chairansyah.

“Semoga besok kita sudah mendapatkan jawabannya dari Bupati,” katanya singkat kepada Klikkalsel.com

Selain itu secara umum mereka sependapat untuk mendorong Pemerintah Daerah HST agar memperhatikan pegawai untuk memberikan tunjangan dan jaminan kesehatan kepada mereka dengan perjanjian kontrak serta untuk mengkaji ulang RAPBD yang di sampaikan agar nantinya alokasi tersebut dapat optimal dan tepat sasaran.(wawan)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top