Banjarmasin

Paman Birin : Ulama adalah Jalan terang di Tengah Belantara Kehidupan Dunia

Paman Birin

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Kalimantan Selatan (Kalsel) dikenal sebagai darah yang religius dan banyak menghasilkan ulama-ulama tersohor, bahkan menjadi perhatian negara lain.

Seperti Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dan KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, serta banyak lagi tokoh-tokoh agama lainnya.

Ulama dimata masyarakat Kalsel, mempunyai peranan penting dan strategis dalam sejarah berdirinya Bumi Lambung Mangkurat. Hingga sekarang pun pembangunan di Kalsel tidak lepas dari peranan para ulama.

Sementara ulama di mata H Sahbirin Noor ibarat suluh di tengah kegelapan. Mereka adalah pemandu jalan terang di tengah belantara kehidupan dunia. Mereka merupakan mursyid (pembimbing) bagi manusia dalam menjalankan kewajiban beribadah kepada Allah Ta’ala.

“Laulal Ulama Lasharan Naas Kal Bahaaim. Andai bukan karena ulama, manusia bagaikan binatang,” kata Paman Birin, begitu sapaan akrabnya, mengutip pendapat Imam Hasan Al-Bashri Rahimahullah.

Dikemukakannya, manusia tidak akan dapat merasakan kebahagian dalam kehidupan tanpa adanya mental spiritual yang bagus. Spirit ini dapat menata suasana jiwa yang nyaman dan mendamaikan. Dia adalah modal utama dalam menciptakan keadaan yang menyenangkan dalam diri manusia.

“Pembangunan mental spiritual juga merupakan awal dari segala macam pembangunan. Tidak ada makna sama sekali pembangunan bidang lain yang super sukses sekalipun, tanpa didahulukan oleh pembangunan jiwa manusia,” tandas Paman Birin.(wahyuni)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top