Paman Birin : Sinergitas PEPABRI dan FKPPI jangan Pernah Pudar

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, saat menyampaikan sambutan dalam acara syukuran HUT PEPABRI ke 60 dan FKPPI ke 41. (foto : fachrul/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI) dan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-POLRI (FKPPI) Rayakan HUT secara berbarengan, di Gedung Satria DPD Pepabri Kalsel, Jalan Kuin Selatan, Banjarmasin Barat, Kamis (12/9/2019)

Acara HUT PEPABRI KE 60 dan FKPPI ke 41 yang dilaksanakan secara sederhana tersebut selain di hadiri ratusan Anggota PEPABRI dan FKPPI juga turut berhadir Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

Ia menyampaikan, sinergisitas antara PEPABRI dan FKPPI tidak boleh sampai pudar ataupun hilang, karena menurutnya kedua organisasi tersebut bagaikan organisasi ayah dan anak, dimana keduanya saling mengisi dan melengkapi.

“Ini 2 organisasi orang tua dengan anak muda bisa jalan bersamaan dan saling mengisi, yang tua memberikan pengalaman pada yang muda, yang muda bergerak untuk menghormati yang tua dan berkegiatan terus untuk kemajuan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari, ya ada sinergisitas antar kedua organisasi ini,” ujar Paman Biri, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, saat menyampaikan sambutan dalam acara syukuran HUT PEPABRI ke 60 dan FKPPI ke 41. (foto : fachrul/klikkalsel)

Ketua DPD PEPABRI Kalsel, Kolonel Inf Purn Nasib Alamsyah, mengatakan kegiatan HUT PEPABRI dan FKPPI kali ini digelar dengan acara yang sederhana namun tidak meninggalkan budaya kegiatan sosial, untuk saling bersilaturahmi.

“Ya tahun ini kami menyelenggarakan ulang tahun sederhana dan tidak ada upacara yang bagaimana bagaimana kami syukuran saja, tapi kegiatan sosial tetap, kami mengunjungi keluarga kami yang sakit, memberi santunan. Kita juga ziarah tadi pagi ke makam pahlawan setelah itu kami juga memberi santunan kepada anak yatim piatu,” ujar Mantan Ketua DPRD Kalsel tersebut.

Ia juga mengingatkan, agar setiap warga Negara Indonesia jangan sampai terpecah belah, dan jangan mudah terhasut oleh orang yang ingin menghancurkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita tahu beberapa waktu lalu terjadi kasus Papua itu yang hampir-hampir merusak NKRI. Kita dari Sabang sampai Merauke itu kita bersaudara semua tidak ada perbedaan apapun semua warga negara Indonesia kita saling sayang menyayangi lah saling hormat menghormati satu sama lain itu yang kami inginkan,” tuturnya.

Selain itu, Ketua GM FKPPI, Adi Kartika, mengungkapkan dalam HUT FKPPI yang ke 41 ini FKPPI khususnya di Kalsel mengusung tema bersatu dan bergerak demi bangsa dan banua, agar FKPPI dan GM FKPPI mampu memperkokoh NKRI dari masyarakat.

“Hari ini kan kita ulang tahun yang ke 41 ini selalu bertepatan dengan hari ulang tahun PEPABRI. Seperti yang tadi sudah disampaikan dalam amanat Ketua PEPABRI maupun Gubernur, bagaimana kita para anak muda, harus mampu memperkokoh NKRI, memperkokoh persatuan dan kesatuan yang ada di masyarakat terutama di banua ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Kalsel, yang juga merupakan Anggota FKPPI, Muhammad Yani Helmi, dalam kesempatan HUT PEPABRI dan FKPPI ini menyempatkan diri untuk berhadir untuk bisa berkumpul dengan para orang tua dan saudara-saudaranya di PEPABRI dan FKPPI berharap agar organisasi PEPABRI dan FKPPI bisa semakin besar dan mampu dapat perhatian dari Pemerintah.

“Kita harapkan organisasi ini semakin besar, apalagi kita lihat kepala daerah juga sebagai anggota, beliau adalah dewan penasehat di organisasi kita hubungan harmonis ini sangat harus kita jaga agar pemerintah daerah juga bisa memperhatikan para Veteran dan para pejuang kita di masa lalu yang hingga hari ini masih ada dan tergabung dalam wadah PEPABRI,” tandas Paman Yani, sapaan akrab adik kandung dari Gubernur Kalsel ini. (fachrul)

Editor : Farid