Banjarmasin

Paman Birin Senyum Disuntik Vaksin Covid-19

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah menjalani vaksinasi Covid-19 di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis (14/1/2021) pagi.

Gubernur akrab disapa Paman Birin ini tersenyum saat disuntik vaksin.

Dan dia optimis wabah virus Corona dapat teratasi dan berharap dukungan masyarakat.

Prosesi vaksinasi Covid Paman Birin ini menandai dimulainya imunisasi vaksin Sinovac
di berbagai wilayah Kalsel, yang telah dinyatakan halal dan aman oleh MUI dan BPOM. Sehari sebelumnya, Presiden Jokowi Widodo sebagai orang perdana menjalani vaksin COVID-19.

Sebagai orang perdana divaksin Covid 19 di Kalsel, Gubernur membuktikan komitmennya total melawan covid 19 itu. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas kegiatan vaksin di Kalsel.

“Pandemi Covid ini sempat membuat banyak orang merasa cemas dan gelisah, semua kegiatan bahkan dihentikan sementara untuk menghindari penyebaran penyakit ini,” tutur Paman Birin kepada awak media.

Ia menginstruksikan ke semua instansi di bawah lingkup kerjanya agar melakukan koordinasi dengan instansi lain, mengajak bersinergi melawan COVID-19. Banyak orang terpapar COVID-19, sebutnya, hingga membuat penuh tempat inap sejumlah rumah sakit dan tempat karantina khusus.

Dia berharap dengan tersedianya vaskin ini menjadi solusi penanganan COVID-19 di Kalsel.

“Ini pembelajaran besar bagi seluruh umat manusia,” ujar pria yang biasa disapa paman birin itu, sembari mengingatkan masyarakat tidak takut berlebihan dengan COVID-19, namun meningkatkan ikhtiar melawan wabah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, H M Muslim dalam laporannya menyebutkan, vaksinasi salah satu upaya dalam mencegah suatu penyakit, termasuk covid 19.

Vaksin ini menjadi salah satu strategi pemerintah untuk meyakinkan masyarakatt bahwa vaksin Covid-19 dari Sinovac,tersebut aman. Sehingga, warga tidak perlu takut.

Setelah pencanangan pemanfaatan vaksin dilakukan gubernur dan forkopimda, selanjutnya vaksin yang sama akan diberikan kepada seluruh tenaga kesehatan di Kalsel yang jumlahnya tidak kurang dari 27 ribu orang.

Tahap kedua diperuntukan bagi petugas pelayanan publik seperti anggota kepolisian dan TNI, dan lain lain, yang terlibat secara langsung dalam memberikan pelayanan, ditambah kelompok usia lanjut.

Disebutkan Muslim, saat ini terdapat 288 fasilitas kesehatan yang siap melakukan vaksinasi dengan total vaksinator 4598 orang.
Proses vaksinasi dilakukan melalui tahapan yakni sasaran mendatangi meja mendaftaran untuk menunjukan e tiket. (rizqon)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top