Paman Birin Apresiasi PLN Dukung Revolusi Hijau dan Green Energy Usai Test Drive Motor Listrik

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melakukan test drive motor listrik di area perkantoran Pemprov Kalsel.

BANJARBARU, klikkalsel.com – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengapresiasi atas diresmikannya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel, Banjarbaru, Jumat, (30/12/2022). Menurut Paman Birin, sapaan akrab gubernur, hal tersebut gerakan yang mendukung Revolusi Hijau dan Green Energi.

SPKLU ini yang berlokasi tepat di belakang kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel. SPKLU ini adalah yang pertama dibangun di kompleks perkantoran Gubernur di Indonesia.

Saat ini sudah ada 3 SPKLU yang berdiri di wilayah kerja PLN Kalselteng, yakni di Kantor PLN UP3 Palangkaraya, Kantor PLN UID Kalselteng, dan Kantor Sekretariat Daerah Pemprov Kalsel.

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemprov Kalsel, mengucapkan selamat atas peresmian SPKLU di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel ini. Terima kasih kepada PT PLN Unit Induk Distribusi Kalselteng atas kontribusinya terhadap pembangunan daerah melalui pembangunan dan perluasan jaringan shelter SKPLU di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel,” tuturnya.

Paman Birin berharap peresmian ini dapat menjadi momentum yang baik. Tentunya untuk meningkatkan ekosistem kendaraan bermotor listrik, serta mampu mendorong percepatan kendaraan listrik di Kalsel.

“Pemprov harus menjadi contoh,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Paman Birin juga sempat melakukan test drive kendaraan berbasis baterai listrik (KBBL). Dirinya mengakui perbedaan yang signifikan dengan kendaraan dengan bahan bakar fosil.

Baca Juga Penanaman Bersama Tanaman Holtikultura, Paman Birin dan Ribuan Santri Berupaya Tekan Inflasi

Baca Juga Paman Birin Apresiasi Event Batfest 2022 Merangkul PKL dan UMKM Banua

“Saat saya menggunakan kendaraan listrik tadi, rasanya memang aneh, beda dengan motor biasa karena tidak berbunyi. Penggunaan kendaraan listrik ini tentu lebih hemat, tidak ada suara, jauh dari kebisingan, efisien dibanding kendaraan motor biasa, serta tidak ada asap,” ujarnya.

Hal ini tentu adalah hal yang sangat baik menurutnya, untuk mengurangi dampak emisi karbondioksida yang biasa dihasilkan oleh kendaraan biasa. Dari sisi kesehatan pun, Paman Birin mengakui akan sangat membantu karena turut mengambil peran dalam mengurangi polusi udara yang menjadi salah satu penyebab penyakit ISPA.

Pamana Birin juga memberikan apresiasi terhadap PT PLN (Persero) UID Kalselteng atas partisipasi mereka dalam mendukung program Revolusi Hijau yang dicanangkan oleh Pemprov Kalsel.

Sementara itu, General Maneger PT PLN Unit Induk Distribusi Kalselteng, Mohammad Joharifin menerangkan, bahwa pendirian SPKLU ini memang sebagai bentuk dukungan terhadap Revolusi Hijau dan Green Energy yang digagas Paman Birin.

“Kami mensupport penuh Gerakan Green Energy yang dicanangkan oleh Bapak Gubernur. Selain kegiatan hari ini, kita juga turut mendukung penanaman pohon. Keberadaan kami akan selalu mensupport program-program pemerintah daerah,” katanya.

Hadirnya SPKLU ini, menurutnya, diharapkan dapat mendukung percepatan penggunaan KBBL yang diharapkan dapat mengurangi emisi karbon akibat penggunaan bahan bakar fosil.

SPKLU dengan fitur fast charging 50 kali yang ditawarkan oleh SPKLU ini mampu mengisi daya mobil listrik 20 persen hingga 100 persen hanya dalam 45 menit.

Joharifin juga menyampaikan bahwa saat ini untuk memenuhi kebutuhan kendaraan listrik, dengan sistem interkoneksi Barito-Mahakam, PLN Kalselteng telah terinterkoneksi dengan PLN Kaltim secara sistem kelistrikan, sebesar 1.696 Mega Watt dengan beban puncak 1.397 sehingga masih ada surplus 229.

Keberadaan SPKLU di seluruh Indonesia ini menurutnya akan terus bertambah jumlahnya seiring pertambahan jumlah masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik.

Di tahun 2023 mendatang, rencananya akan kembali dibangun sebanyak 5 SPKLU di wilayah kerja PLN UID Kalselteng, yakni di Kuala Kapuas, Banjarmasin, Barabai, Satui, dan Batulicin. (rizqon)

Editor: Abadi