Banjarmasin

Paksa Melintasi Jalan Pangeran Hidayatullah, Banyak Motor yang Mogok

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Genangan air yang merendam sejumlah ruas jalan di Kota Banjarmasin banyak menyebabkan sepeda motor yang melintas mogok.

Salah satunya yang terpantau di kawasan Pangeran Hidayatullah Kelurahan Banua Anyar Kecamatan Banjarmasin Timur.

Ketinggian air yang mencapai lutut orang dewasa, membuat mesin sebagian jenis sepeda motor yang melintas terendam air.

Kondisi tersebut diperparah dengan gelombang air yang dihasilkan ketika berpapasan dengan mobil.

“Saya mau tak mau harus lewat sini untuk pulang ke Mahat Kasan. Tidak ada jalur alternatif lain, karena semua terendam banjir. Saya kira disini lebih aman, ternyata dalam juga,” ujar Soni, Kamis (14/1/2021).

Selain mogok, sejumlah sepeda motor, khususnya jenis matic juga terlihat kehilangan akselerasi usai melintasi kawasan tersebut. Hal itu diduga karena box fan belt dipenuhi air yang mengakibatkan slip. Sehingga meski gas diputar dan bunyi mesin meraung, motor tetap loyo seolah tak memiliki tenaga.

Melihat kondisi tersebut sejumlah warga sekitar dan anggota BPK Kembang Barenteng terlihat turun tangan untuk membantu para pengendara tersebut.

“Rata-rata yang paling banyak tali fan belt yang slip dan busi yang basah,” ucap salah satu warga, Zali.

Menurutnya ketinggian air malam ini di jalur tersebut memang jauh lebih tinggi dari malam sebelumnya. Jika jalur tersebut cukup aman bagi pengendara motor, untuk malam ini itu tidak berlaku.

“Untuk jenis motor yang rendah, jalur ini cukup riskan. Jadi sebaiknya hati-hati dan tak memaksakan diri,” pungkasnya. (David)

Editor: Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top