Padangang Ikan Asin Sepi Pembeli

BANJARMASIN, klikkalsl- Kenaikan harga kebutuhan baha pokok mulai dikeluhkan. Seperti awal bulan 2018 harga cabai, bawang, telor, beras  dan sayur-mayur ditingkat pedagang tradisional melonjak naik.

Memasuki bulan kedua 2018, pedagang ikan kering telang mulai mengeluh karena ada kenaikan harga. Perkilonya berkisar Rp140 ribu hingga Rp150 ribu dari harga normal jual sekitar Rp80 ribu hingga Rp 90 ribu.

Dari pantauan klikkalsel, pedagang dikawasan pasar lama dan Sentral Antasari, hampir semua jenis ikan kering yang dijual mengalami kenaikan. Terlebih lagi, pada ikan kering telang yang menjadi kesukaan masyarakat Banjar.

“Kenaikan semua jenis ikan kering, jenis ikan kering telang, lambatnya pasokan yang datang ketempat kami dan situasi cuaca disertai angin kencang sehingga para nelayan kesulitan melaut,” tutur Rahmad seorang pedagang ikan kering, di Pasarlama, Sabtu (10/2/2018).

Menurutnya, ini sangat merugikan pedagang, sebab sangat berpengaruh pada harga jual ke konsumen. Selain itu kata dia, mahalnya ikan kering tersebut serta pasok yang kurang, akhirnya para pembeli beralih ke konsumen lain.

“Kami berharap ini bisa teratasi, sehingga para pedagang bisa menujal dengan harga normal,”katanya.

Salah seorang konsumen Ida warga Simpang Jati Banjarmasin, mengatakan, sangat terkejut denga kenaikan harga ikan kering teruta ikan kering jenis Telang.

“Awalnya harganya ikn kering telang Rp90 hingga Rp100 ribu perkilonya tapi kali ini harganya naik menjadi 150 ribu perkilonya sehingga saya sempat kaget,” tandasnya.(azka)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.