Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Tabalong Bangun Poskesdes

Bupati Kabupaten Tabalong, Anang Syakhfiani meresmikan bangunan Poskesdes di desa Bungin Kecamatan Banua Lawas.(foto : arif/klikkalsel)

TABALONG, klikkalsel- Warga Desa Bungin, Kecamatan Benua Lawas, Kabupaten Tabalong, kini telah resmi memiliki Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

Dibangunnya Poskesdes tersebut berguna bagi warga sekitar yang tidak lagi harus menempuh jarak yang cukup jauh menuju puskesmas kecamatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Poskesdes yang dibangun dengan menelan anggaran daerah sekitar Rp300 juta tersebut sudah rampung pembangunannya dan diresmikan oleh Bupati Tabalong Anang Syakhifiani.

Menurut Anang, pembangunan Poskesdes tersebut sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dan sebagai contoh kemajuan pembangunan di Kabupaten Tabalong.

“Sebelumnya Desa Bungin tidak mempunyai Poskesdes yang sebagus ini sekarang sudah punya. Alhamdulillah ini yang dinamakan sebagai kemajuan pembangunan,” ujarnya.

Anang juga memaparkan bahwasannya pembangunan di Desa Bungin ke depannya akan terus bergulir yang mana dalam kesempatan itu Anang mengutarakan niatnya ingin melakukan pelebaran ruas jalan di desa tersebut.

“Insya Allah 2020 nanti paling lambat pembangunan itu bisa kita mulai dan ini Alhamdulillah berkat dukungan semua masyarakat,” ucapnya.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong Taufiqurrahman mengatakan ke depannya Poskesdes tersebut dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Bungin secara umum.

“Kalau bidan 24 jam, tapi kalau poskesdes ini buka saat jam kerja saja,” ucapnya.

Ia menambahkan pasca dibangunnya Poskesdes tersebut pihaknya berencana akan menempatkan seorang bidan yang nantinya khusus memberikan pelayanan kesehatan kepada warga.

“Untuk desa Bungin inikan memang belum ada bidannnya, karna sebelumnya masih masih dilayani oleh bidan desa tetangga, tapi nanti akan kita tempatkan bidan di sini,” imbuhnya.

Selanjutnya dari Desa Bungin Anang dan rombongan bergegas menuju Puskesmas Pugaan untuk meresmikan penambahan ruang bersalin baru dan safari Anang berakhir dengan meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Sungai Rukam I Kecamatan Pugaan.(arif)

Editor : Alfarabi