Banjarmasin

Operasi Lilin Intan, Polda Kalsel Terjunkan 1.654 Personel

BANJARNASIN, klikkalsel – Menandai dimulainya Operasi Lilin Intan 2018 guna pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru), Polda Kalsel melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Halaman Mapolresta Banjarmasin, Jumat (21/12/2018).

Kapolri, Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kapolda Kalsel, Irjend Pol Yazid Fanani mengatakan Apel Gelar Pasukan ini serentak digelar didalam jajarannya.

Menurutnya hal tersebut sebagai momentum penting untuk meninjau kesiapan personel serta memeriksa sarana dan prasarana pengamanan.

Kapolri pun mengungkapkan dalam operasi yang digelar sejak 21 Desember 2018 hingga 1 Desember 2019 ini pihaknya mengerahkan 167.783 personel di seluruh Indonesia.

Ditambahkan Kapolri, situasi menjelang Natal dan tahun baru merupakan momen yang akan dimanfaatkan masyakat untuk berkumpul bersama keluarga. “Kondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian kita bersama,” ujar Kapolri dalam amanatnya.

Selain itu, Kapolri mengingatkan jajarannya agar melakukan imbauan terhadap tokoh-tokoh ormas agar tidak melakukan sweeping, melainkan melaporkannya kepada kepolisian jika menemukan pelanggaran.

“Petugas yang menerima laporan segera merespon sesuai dengan peraturan yang berlaku,” imbau Kapolri.

Dalam menutup amanatnya Kapolri mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polri, jajaran TNI, pemerintah daerah serta para pemangku kepentingan lainnya yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memelihara stabilitas Kantibmas yang kondusif.

Sementara itu Kapolda Kalsel, Irjen Pol Yazid Fanani mengatakan untuk di wilayah Kalsel pihaknya menerjunkan sebanyak 1.654 personel gabungan untuk melakukan pengamanan.

“Itu belum termasuk personel bantuan dari TNI,” ujarnya.

Sebelumnya Kapolda Kalsel yang bertindak sebagai Inspektur Upacara didampingi Danrem 101/Antasari, Danlanal Banjarmasin dan Danlanud Syamsudin Noor melakukan pengecekan kesiapan personel dan peralatan. (david)

Editor : Farid

To Top