Kesehatan

Olahraga Malam Berlebihan Beresiko Pada Daya Tahan Tubuh

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Beberapa bulan terakhir ini, bersepeda sudah menjadi Tren muda maupun tua, tidak hanya seru, tetapi juga memberikan banyak dampak positif yang menyehatkan tubuh.

Sehingga, banyak sekali komunitas sepeda di Indonesia yang melakukan aktivitas kegemaran yang saat ini sedang naik daun, tidak hanya pada siang hari, tetapi juga malam hari.

Namun, tidak banyak yang mengetahui, selain memiliki dampak yang positif, ternyata juga menimbulkan dampak negatif bagi pesepeda malam atau lebih umumnya olahraga malam.

Menurut, Dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin, H Khairul Anam, SH., M.Kes menerangkan, pada dasarnya olahraga itu baik untuk kesehatan, akan tetapi setiap olahraga memiliki resiko jika berlebihan.

Menurutnya, olahraga malam itu tidak terlalu berdampak bagi mereka yang melakukan. Akan tetapi jika berlebihan akan menimbulkan resiko.

Apalagi, jika memiliki penyakit turunan maka akan lebih memperparah kondisi tubuh saat olahraga pada malam hari, contohnya seperti penyakit flu jika berolahraga malam kemungkinan akan menjadi parah karena angin malam yang masuk ke paru-paru.

“Karena menurut saya, rata rata orang yang olahraga malam di tempat terbuka tidak menggunakan jaket,” tuturnya.

Baca Juga : Roadmap Banjarmasin Sebagai Kota Inklusi Terus Dijalankan

Selain itu, ketika berolahraga malam kebanyakan hingga larut malam, yang mana saat beristirahat pembakaran pada tubuh akan terus terjadi dan minimal 2 jam akan bisa benar benar istirahat.

“Artinya ketika berolahraga diperlukan juga istirahat yang benar,” katanya.

Ia menambahkan, ketika malam tubuh manusia kebanyakan tidak memproduksi lagi dari asupan atau bahan makanan yang dimasukan ke tubuh sehingga tidak akan ada nutrisi yang masuk, itu karena kebanyakan yang berolahraga malam setelahnya akan makan.

Pada intinya olahraga malam tetap bagus asal jangan berlebihan, jika tubuh dengan kondisi fit untuk berolahraga malam kemungkinan tidak ada resiko yang signifikan, meski saat malam hari tumbuhan mengeluarkan CO2 yang tidak baik di hirup saat malam.

“Kalau sehabis olahraga malam, usahakan minum air hangat terlebih dahulu, itu disebut balancing sehingga menghasilkan keseimbangan antara tubuh dengan kalori yang dikeluarkan,” pungkasnya.(airlangga)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top