Niat Petani Karet di Desa Paran untuk Menjalankan Ibadah Kurban Akhirnya Kabul

PARINGIN, klikkalsel.com – Niat yang dipendam Nene Diah warga Desa Paran Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan untuk beribadah kurban di Hari Raya Idul Adha akhirnya bisa dilakukan, meski hanya 1 ekor kambing.
“Sudah lama mau kurban, Alhamdulillah tahun ini bisa kesampaian, meski hanya kurban kambing dan semoga dengan ini bisa sedikit berbagi ke tetangga sekitar,” tutur Nene Diah, Jumat (31/10/2020).
Petani karet Desa Paran ini hanya mampu membeli hewan kurban dari penghasilannya menjual sadapan getah karet. Namun, karena niatnya yang ikhlas alhirnya bisa berbagi kepada tetangganya.
Tidak dapat dipungkiri, suka cita terasa di lokasi penyembelihan hewan kurban persis di belakang rumah Nenek Diah, biasa para tetangga memanggilnya. Setelah itu, daging dari potongan hewan kurban tersebut dibagikan ke tetangga di sekitar rumahnya.
Nenek Diah adalah seorang janda, suaminya meninggal dunia sejak puluhan tahun lalu. Ia juga berjuang untuk menghidupi empat orang anaknya, sejak itu pula Nenek Diah seorang diri membiayai hidupnya beserta anak-anaknya, hingga sekarang anak-anaknya tersebut sudah berkeluarga masing-masing.
Menurut warga sekitar, Nene Diah adalah pribadi yang baik dan santun, ia juga senang berbagi kepada tetangga dan selalu memberikan bantuan semampunya jika ada tetangga yang merasa kesulitan.
Bagi Diah, kurban bukan hanya soal tradisi di Idul Adha saja, tapi kurban adalah ibadah yang semata-mata ditujukan untuk mendapat pahala dari Allah SWT.
“Dengan berkurban saya bisa sedikit berbagi akan apa yang saya punya kepada tetangga sekitar,” sambungnya.
Ia berharap, apa yang sudah dilakukannya bisa memberikan manfaat kepada tetangganya, terlebih sulitnya ekonomi warga di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).(wawan)
Editor : Amran