Mulai Besok Parpol Diverifikasi Faktual

Ketua KPU Kalsel, Samahuddin Muharram. (baha/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Selama enam hari kedepan secara bergilir Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel akan mendatangi kantor parpol di Kalsel yang mendaftar Pemilu 2019.

Sebab, tahapan penyelenggara Pemilu itu, sudah memasuki verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan parpol. Jadwalnya dimulai sejak Kamis (15/12/2017) besok, hingga Rabu (21/12/2017) nanti.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kalsel Ketua KPU Kalsel, Samahuddin Muharram disela-sela gelaran Bimbingan Teknis (Bimtek) Parpol yang dihadiri 15 parpol dari 23 calon peserta Pemilu 2019 di hotel G’Sign Banjarmasin, Rabu (13/12/2017).

Kegiatan ini, kata dia, memberikan pemahaman terhadap Parpol dalam menghadapi proses verifikasi faktual. “Sehingga parpol sudah tahu, apa saja yang harus disiapkan oleh Parpol terkait verifikasi faktual, baik itu Parpol tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota,” sebutnya.

Ia masih belum menyusun secara rinci jadwal verifikasi domisili itu. Karena, pengumuman parpol yang melaju ke tahapan verifikasi faktual baru diumumkan hari ini.

Selain itu, kapan verifikasi dilakukan ditentuka KPU bersama parpol. “Jadi tinggal memilih hari apa, nanti kita yang diwakili tim verifikator akan datang ke kantor parpol,” jelasnya.

Samahuddin mengingatkan, saat verifikasi berlangsung parpol bisa menghadirkan kepengurusan inti terdiri dari ketua, sekretariat, bendahara, plus keterwakilan 30 persen perempuan dari total jumlah anggota. “Paling penting siapkan surat keterangan domisili,” tandasnya. (baha)

Editor : Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.