Banjarmasin

Mulai Besok, Operasi Ketupat Intan 2021 Berlakukan Jam Malam

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Pemerintah Kota bersama Polresta Banjarmasin dan Kodim 1007 atau Jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin melaksanakan Apel Gelar Pasukan di RTH Kamboja Jalan Anang Adenansi dalam rangka Operasi Ketupat Intan 2021 di daerah hukum Kota Banjarmasin, Rabu (5/5/2021).

Apel tersebut dipimpin Pj Walikota Banjarmasin Akhmad Fydayeen sekaligus mengecek ribuan personel bersama Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan dan Letkol ARM Agung Nugroho yang akan dikerahkan dalam pengamanan menjelang Idul Fitri.

Kemudian dilakukan Tactical Floor Game (TFG) atau penjelasan dari Kabag Ops Polresta Banjarmasin Kompol Rizali yang menerangkan, sejak 6 sampai 17 Mei 2021 akan diberlakukannya jam malam di wilayah Kota Banjarmasin.

Baca juga : Tim BirinMu Laporkan 2 Petinggi Bawaslu Kabupaten Banjar ke DKPP RI Berkaitan dengan Denny Indrayana

Berdasarkan data pemerintah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03 persen. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktivitas masyarakat, seperti pada tahun 2020 tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang meningkat 93 persen setelah pelaksanaan libur Idul Fitri.

Pj Walikota Banjarmasin Akhmad Fydayeen mengatakan, mengingat trend Covid-19 yang semakin meningkat maka ia berpesan kepada masyarakat Kota Banjarmasin bisa menjaga keluarga dan menahan diri untuk tetap menaati protokol kesehatan sesuai dengan peraturan pemerintah. Guna mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 yang masih melanda.

“Mulai dari diri sendiri Insya Allah saudara kita se-Kota Banjarmasin bisa selamat dari marabahaya Covid-19 ini,” ucapnya.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan mengatakan terkait operasi ketupat intan 2021 mulai dari 6 sampai 17 Mei 2021 tidak ada mobilisasi mudik karena angka kenaikan Covid-19 terus bertambah.

“Maka akan ada pemberlakuan jam malam mulai dari pukul 22.00 Wita, dimulai dari tanggal 6 sampai 17,” katanya.

Oleh karena itu, Operasi Ketupat Intan 2021 pihaknya mendirikan 5 pos pengamanan terdiri dari 3 pos pantau dan 2 pos pelayanan yang melibatkan 600 personel gabungan di Kota Banjarmasin

“Untuk penyekatan 3 pos pantau di Kilometer 6, Bundaran Kayutangi, Trisakti yang dijaga setiap personil,” tuturnya.

Kapolsek juga mengatakan saat diberlakukannya jam malam tersebut nantinya di atas pukul 22.00 Wita cafe-cafe masih diperbolehkan buka dan beroperasi.

“Namun hanya diperbolehkan melayani Take away,” pungkasnya.(airlangga)

Editor : Akhmad

To Top