Mudahkan Perhitungan Hasil Suara di TPS, Golkar Pakai ‘Saksiku’ Pada Pemilu

BANJARMASIN, klikkalsel – Memanfaatkan teknologi dalam menunjang kinerja saat Pemilu 2019, Partai Golkar gunakan aplikasi saksiku.

Aplikasi tersebut untuk memudahkan para petugas saksi Partai Berlambang Beringan di seluruh Indonesia untuk mengirimkan data perolehan suara langsung dari TPS.

“Aplikasi tersebut nantinya mengamankan suara Golkar melalui laporan para saksi yang berada di lapangan,” kata Wakil Sekjen DPP Partai Golkar Wendy Nugraha Kuswandi pada Bimbingan Teknis Sosialisasi Sistem Aplikasi, kader Provinsi Kalsel Partai Golkar di Markas Golkar Kalsel, Sabtu (2/3/2019).

Menurut dia, secara Nasional Kalsel adalah wilayah ke-31 yang melaksanakan Bimbingan Teknoligi (Bimtek), terkait aplikasi saksiku sebagai bekal para saksi di sejumlah TPS seluruh Indonesia.

Ada 809.000 TPS yang berada di seluruh Indonesia dan para saksi yang berusia muda nantinya dengan kelengkapan aplikasi tersebut, yang didesain oleh partai Golkar sendiri dengan mudah melaporkan data .

Saat disinggung tentang Hacker atau peretas? Wendi mengatakan , segala kemungkinan bisa saja terjadi. Tetapi Partai Golkar dengan aplikasinya sudah mempersiapkan hal-hal tersebut dan penanganannya.

“Berbagai antisipasi dalam aplikasi tersebut sudah dirancangkan untuk itu, kemungkinan sulit untuk terjadi hal demikian, sebab kita tidak mengundang pembobol untuk membobol,” katanya sambil tersenyum.

Ia menjelaskan, saksi tak memiliki hanphone canggih yang mendukung aplikasi tersebut, sementara bisa minjam telpon cerdas milik orang lain seperti taman, saudara, anak atau orang terdekat.

Hanya saja, pasword yang terdaftar diaplikasi menggunakan nama serta nomor saksi. Atau bisa juga dibackup oleh tingkatan diatasnya, misal tingkat kelurahan sampai kecamatan.

“Mungkin ada saksi yang tak memiliki aplikasi tersebut, namun mengingat zaman milenial dan teknologi, apalagi saksi rata-rata generasi muda yang cekatan dan terampil kemungkinan mereka bisa memahasi aplikasi yang mudah tersebut,” katanya (azka)

Editor : Farid

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan