Religi

Misa Natal, Gereja Katedral Banjarmasin Batasi Jumlah Jemaat

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Perayaan Natal tahun 2020 yang diselimuti masa pandemi virus Corona (Covid-19) juga dirasakan berbeda bagi umat Kristiani khususnya di Kalimantan Selatan.

Pandemi Covid-19 belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda atau bahkan menghilang. Guna mencegah penyebaran Covid-19, Gereja Katedral Keluarga Kudus Banjarmasin menggelar pembatasan jemaatnya pada Misa Natal.

Ketua panitia Natal 2020 Gereja Katedral Keluarga Kudus Banjarmasin, Andrian Darmawan Phang mengatakan, untuk mengantisipasi membludaknya jumlah jemaat dilakukan tidak lain untuk menaati protokol kesehatan.

“Yang dulu, sebelum masa pandemi, jemaat kita bisa mencapai ada 3.000 orang sekali misa. Namun kali ini mungkin berbeda,” ucapnya, Kamis (24/12/2020).

Ia juga mengatakan, untuk memberi ruang saat pelaksanaan misa, panitia melakukan pelaksanaan misa pada pukul 17.30 dengan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, jemaat yang tidak bisa hadir, masih bisa mengikuti misa lewat streaming di youtube yang disiarkan oleh panitia Gereja.

Ia juga menambahkan pelaksanaan Misa Natal nanti selain di streamingkan melalui youtube, juga kemudian akan disiarkan ulang Pukul 20.00 Wita disalah satu stasiun TV lokal.

Tidak hanya akan melaksanakan misa natal seperti yang di maksud, dalam proses misa pun sengaja dipersingkat guna tidak menimbulkan penumpukan jemaat.

“Semua proses sama, hanya jadwal yang biasanya dua jam sampai dua jam setengah kita pangkas jadi satu jam lebih saja,” pungkasnya.(airlangga)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top