Fenomena

Miris Melihat Perempuan Hamil Ditandu Sejauh 4 Km, Kodim Amuntai – Balangan Tingkatkan Akses Jalan Dayak Meratus Halong

PARINGIN, klikkalsel – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 digelar Kodim 1001 Amuntai – Balangan.

Sejatinya kegiatan tersebut akan baru dimulai 2 Oktober 2019 mendatang, namun karena sulitnya medan membuat pasukan loreng tersebut telah memulai pengerjaraan Pra TMMD dengan membuka jalur dan pembuatan stokpile untuk meletakan material logistik.

Rencananya TMMD yang digelar di Dusun Sungkai Dewa Binuang Santan Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) ini akan membangun jalan atau melakukan peningkatan kualitas jalan sepanjang 3.550 meter selebar 6 meter.

Jalan tersebut akan menjadi akses satu-satunya warga Dayak Meratus yang bermukim di daerah perbukitan Halong kawasan Pegunung Meratus.

“Jalan sebenarnya ada, namun jalan tersebut tidak dapat dilalui kendaraan karena sangat becek,” ujar Perwira Penghubung Kodim Amuntai-Balangan, Mayor Inf Khairul, Rabu (25/9/2019).

Ditambahkannya jalan tersebut akan membuka akses masyarakat Dayak Meratus ke dunia luar.

Ia bercerita baru-baru ini ada warga Dayak Meratus yang ingin melahirkan, namun karena kondisinya kurang baik pasien harus di rujuk ke rumah sakit.

Karena akses jalan yang buruk dan tidak dapat dilalui kendaraan, maka pasien harus ditandu warga sejauh hampir 4 kilometer untuk dibawa ke ambulan yang sudah menunggu di kampung terdekat.

“Bahkan selama ini jika hujan datang, anak-anak Dayak Meratus tidak bisa ke sekolah karena jalannya becek dan sangat licin,” katanya.

Anggota Kodim 1001/Amuntai – Balangan bergotong royong melakukan persiapan .

Untuk itu ujar Khairul jalan tersebut akan dicor dengan semen setebal 15 centimeter, agar saat hujan tidak becek dan dapat dilalui oleh kendaraan.

Ia optimis pembangunan tersebut dapat terselesaikan sesuai target yang diberikan yaitu pada akhir masa TMMD tanggal 31 Oktober 2019. (david)

Editor : Farid

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Miris Melihat Perempuan Hamil Ditandu Sejauh 4 Km, Kodim Amuntai – Balangan Tingkatkan Akses Jalan Dayak Meratus Halong - LOPE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top