Minim Anggaran, Pembangunan Puskesmas Kayutangi Ditunda

BANJARMASIN, klikkalsel – Dipenghujung tahun 2018, serapan anggaran Dinas Kesehatan Banjarmasin mencapai angka 84%, sedangkan pembangunan Puskesmas Kayutangi tidak bisa terealisasi karena kekurangan anggaran.

Dari total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Dinkes Pemko Banjarmasin sebesar Rp150 milyar. Akan tetapi terserap hanya 84%. Serapan terbesar dari anggaran tersebut jatuh di pembangunan fisik Rumah sakit Sultan Surainsyah Banjarmasin.

PLT Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Lukman Hakim mengatakan, penyebab tidak terealisasinya pembangunan Puskesmas Kayutangi tersebut karena anggaran yang tersedia masih belum mencukupi.

“Kalau kita paksakan membangun puskesmas tersebut pasti tidak akan selesai karena anggaran tidak mencukupi. Dari pada dibangun tidak selesai jadi lebih baik kita pending terlebih dahulu,” tuturnya.

Selain itu ujar Lukman, Dia juga alasan menunda pembangunan puskesmas Kayutangi tersebut dikarenakan tidak dalam tahap emergensi, jadi untuk sementara waktu pembangunan itu di pending terlebih dahulu.

Pembangunan puskesmas yang memakan anggaran sekitar Rp3,5 milyar tersebut harus ditunda sementara waktu, karena menurutnya, pembangunan tersebut harus merombak total Puskesmas Kayutangi yang saat ini sudah ada.

“Anggaran untuk membangun puskesmas itu sekitar Rp3,5 miliar dan juga kita harus membongkar total puskesmas yang ada saat ini,” tandasnya. (fachrul)

Editor : Afarabi