Mengenang Perjuangan Kemerdekaan, Ribuan Warga Tabalong Bersama Bupati Lakukan Napak Tilas

Rombongan Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani bersama peserta napak tilas tampak berjalan melalui tugu obor Kabupaten Tabalong. (foto : arif/klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel – Ribuan masyarakat Tabalong yang terdiri dari unsur SKPD, TNI – Polri dan pelajar secara serempak melakukan napak tilas, Selasa (13/8/2019).

Rutenya dimulai dari dua titik perbatasan wilayah terluar Kabupaten Tabalong menuju pusat kabupaten, yaitu Taman Giat Kota Tanjung.

Tidak ketinggalan, dalam momen itu Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga turut serta berjalan kaki melakukan napak tilas.

Selanjut peserta dan rombongan bupati menyusuri jalan Ir PHM Noor menuju Taman Makam Pahlawan untuk melakukan upacara napak tilas.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani dalam sambutannya selaku inspektur upacara mengatakan, momen napak tilas adalah saat yang tepat untuk kembali menyegarkan diri tentang semangat perjuangan para pendahulu ketika merebut kemerdekaan.

“Melalui kegiatan ini kita sudah melakukan ikhtiar agar masyarakat kabupaten tabalong khususnya generasi muda bisa memahami bahwa perjuangan merebut dan menegakkan kemerdekaan bukan lah perjuangan yang mudah,” ujarnya.

Di sampingi itu, Anang juga ingin bahwa napak tilas bukan hanya selesai hingga kegiatan ini berakhir, tetapi juga bisa terus menjadi semangat dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, usai pelaksanaan upacara napak tilas, Komandan Kodim 1008/Tanjung, Letkol Arm Edy Susanto bersama Kapolres Tabalong, AKBP Hardiono, keduanya secara bersamaan berpesan agar menjadikan kegiatan ini sebagai momen mengingatkan nilai – nilai perjuangan kepada generasi muda.

“Ini untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada anak muda sebagai penerus generasi bangsa,” ucap Dandim dan Kapolres. (arif/adv)

Editor : Farid