Banjarmasin

Mengapa Golkar Terpikat Mengusung Haris Makkie Maju Pilwali Banjarmasin?

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Nama Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Sekdaprov Kalsel), H Abdul Haris Makkie kian diperbincangkan di tengah isu Pilkada Kota Banjarmasin.
Saat ini, Haris berstatus bakal calon Walikota Banjarmasin yang akan diusungan Partai Golkar Kalsel. Lantas mengapa Partai Golkar begitu terpikat mengusung Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalsel tersebut?
Baca Juga : Pengusaha THM Belum Dapat Izin Operasional
Ketua Korbid PP DPD Partai Golkar Kalsel, Puar Junaidi menerangkan, pengusungan Haris bukan semata-mata dipandang yang bersangkutan adalah pejabat publik dan tokoh organisasi masyarakat (ormas) Islam. Masih, kata Puar, Golkar dan Haris Makkie memiliki ikatan tersendiri.
“Kita mengetahui sendiri yang namanya Haris Makkie itu mulai dari orang tua, ini kan istilahnya itu kader yang militan untuk Golkar. Karena apa? Secara turun menurun memunyai hubungan erat dengan Partai Golkar,” ujarnya kepada Klikkalsel.com, di Kantor DPD Partai Golkar Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
Kader senior Partai Golkar ini menambahkan, Haris Makkie pernah tercatat sebagai kader mengikuti jejak mendiang orang tuanya yaitu H Ahmad Makkie yang pernah mendapat amanah sebagai Bupati Tapin, anggota DPRD Kalsel dan MUI Kalsel.
Namun, status kader Partai Golkar harus dilepas Haris Makkie setelah keluar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 30 Maret 2017.
Meski bukan lagi sebagai kader, Puar mengatakan, Partai Golkar dan Haris Makkie masih ada ikatan emosional. Dari segi pengalaman di pemerintahan, dan ketokohan Haris Makkie sendiri menjadi tolak ukur Partai Golkar mengusungnya maju Pilkada Kota Banjarmasin.
Baca Juga : Tak Ada Koordinasi, Satpol PP Bongkar Reklame Bando
“Nah kita melihat dari sekian calon, mungkin Haris lebih pantas karena pada saat sekarang ini juga masih menjabat sebagai Sekda dan masih ada masa jabatan, dan beliau siap untuk berhenti dari ASN maju pilkada untuk membesarkan partai,” pungkasnya.
Sementara itu, saat ini Abdul Haris Makkie semakin kuat akan digandeng dengan Yuni Abdi Nur Sulaiman putra tokoh banua mendiang H Abdussamad Sulaiman HB sebagai bakal calon Wakil Walikota Banjarmasin. Terkait hal ini, Haris masih menjaga sikap politik kendati masih berstatus ASN.
“Untuk itu no komen dulu, maaf ya,” tandas Haris di Banjarmasin, belum lama tadi.(rizqon)
Editor : Amran
To Top