Banjarmasin

Memperingati Harjad ke-494 Banjarmasin, Kota Ramah Pesepeda Dideklarasikan

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Menyemarakkan Hari Jadi (Harjad) kota Banjarmasin yang ke 494, Best Western Kindai Hotel, Bersama Pemko Banjarmasin, menggelar Night Ride untuk yang kedua kalinya, sekaligus Deklarasi kota ramah bersepeda.

Ratusan goweser atau pesepeda meramaikan kegiatan menyambut harjad kota Banjarmasin Ke 494 tahun tersebut, yang dimulai dari depan Balaikota Banjarmasin dan berakhir di Balaikota Banjarmasin juga.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyampaikan, ini merupakan kali kedua kegiatan Night Ride diselenggarakan, yang mana pada tahun sebelumnya kegiatan ini juga dilaksanakan.

“Kita kembali melaksanakan Night Ride, atau gowes malam, ini tahun kedua dalam rangkaian Harjad Banjarmasin yang ke 494,” ucapnya.

Namun di masa pandemi ini, pelaksanaan Night Ride dibatasi, dan hanya sekitar 300 goweser yang mengikuti kegiatan Night Ride ini. “Hanya 300 orang saja yang diperbolehkan oleh aparat keamanan,” ujar Ibnu Sina.

Night Ride ini bakal dibarengi dengan deklarasi kota ramah bersepeda. Konsep ini untuk membekali pesepeda pengetahuan hingga tata cara yang aman ketika dimusim pandemi Covid-19.

“Karena Banjarmasin ini kotanya Flat, dan di ruas-ruas jalan tertentu juga sudah agak lebar jadi nanti akan ada jalur bersepeda,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, anggaran perubahan sudah dimasukan tentang jalan khusus pesepeda. “Kebetulan anggaran perubahan sudah ketuk palu kemarin dan memang ada anggaran untuk penataan di sepanjang A Yani dan Kayu Tangi,” jelasnya.

Di masa pandemi ini, para pesepeda akan disosialisasi, dan dibekali untuk melakukan kegiatan Night Ride, khususnya untuk penerapan protokol kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

“Suasana malam, sangat nyaman dan sejuk, tetapi kita harus selalu terapkan protokol kesehatan, gunakan masker, jaga jarak, selalu bawa hand sanitizer dan yang terpenting selalu menerapkan PHBS,” jelasnya.

Rute yang telah ditetapkan panitia kali ini mengambil total jarak tempuh sekitar 20 Km dan akan melihat keindahan kota Banjarmasin di malam hari. (fachrul)

Editor : Akhmad

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top