Memperingati Hari Pahlawan, Gubernur Kalsel Bersama Walikota Banjarbaru Tunggangi Alutsista Tempur TNI

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor bersama Walikota Banjarbaru Karnaval Perjuangan menggunakan Panser. (Ist)

BANJARBARU, klikkalsel – Kemerdekaan Republik Indonesia tak lepas dari perjuangan para pahlawan bangsa, berkat mereka lah indonesia sampai saat ini merdeka. Memperingati para pejuang khususnya pertempuran di Surabaya pada tahun 1945, Pemerintah Kota Banjarbaru menggelar Karnaval Perjuangan & Kejuangan Hari Pahlawan tanggal 10 November 1945 ke 74.

Peserta karnaval dari kalangan masyarakat umum, maupun pejabat Pemerintahan berbaur menjadi satu. Ribuan orang menghadiri menggunakan berbagai macam atribut perjuangan kemerdekaan di halaman depan Kantor Pemko Banjarbaru, Minggu (10/11/2019).

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani turut mengikuti rangkaian acara karnaval dengan menunggangi kendaraan taktis jenis Panser, yang merupakan alutsista milik TNI.

Paman Birin sapaan akrab Sahbirin Noor membuka acara karnaval dengan mengibarkan bendera start, disusul para peserta mulai berjalan dibelakangnya.

Acara karnaval tersebut diadakan Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Kota Banjarbaru, dalam hal ini Paman Birin sebagai pembina dan Nadjmi Adhani sebagai ketua DHC 45 Kota Banjarbaru.

“10 November merupakan hari yang bersejarah, karena merupakan Hari Pahlawan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,” ucap Paman Birin.

foto : ist

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat bahwa, kehadiran semua pihak pada hari ini melaksanakan Karnaval Perjuangan karena hasil perjuangan para Pahlawan dahulu. Oleh sebab itu selain menghargai perjuangan para pahlawan, peringatan kali ini juga diharapkan masyarakat tidak lupa dengan jasa para pahlawan. Serta untuk mendorong dan mengingat kembali jasa para pahlawan.

“Kedepan selain Brigjen H Hasan Basri dan PM Noor yang telah menjadi Pahlawan Nasional, kami Pemprov Kalsel akan terus memperjuangkan tokoh dan Pahlawan di Banua, agar menjadi Pahlawan Nasional,” ungkapnya.

Sementara itu Nadjmi Adhani menambahkan, untuk Kota Banjarbaru peringatan kali ini memang dibungkus dengan Karnaval Perjuangan.

“Kami sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat untuk mengikuti karnaval yang digagas oleh DHC 45 ini. Ini menunjukkan semangat masyarat dalam memperingati hari Pahlawan ini,” ujarnya.

Nadjmi Adhani menjelaskan tentang nilai kejuangan para pahlawan, hal itu wajib diwarisi oleh seluruh masyarakat indonesia khususnya yang ada di Kota Banjarbaru.

“Sebab, ini merupakan bentuk cinta kepada Tanah Air,” imbuhnya.
(nuha)

Editor : Amran