Politik

Memenuhi Syarat, Demokrat Banjarmasin Langsung Bersiap

VERIFIKASI – KPUD Banjarmasin saat verifikasi faktual di sekretariat DPC Partai Demokrat Banjarmasin. (farid/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Partai Demokrat Banjarmasin dinyatakan memenuhi syarat menuju Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, setelah Tim Komisi Pemilihan Umun Daerah (KPUD) Banjarmasin memverifikasi faktual di Sekretariat partai tersebut, di Jalan Sultan Adam Banjarmasin, Selasa (30/1/2018).

Komisioner KPUD Banjarmasin Bidang Hukum dan Pengawasan Khairunizan mengatakan, setelah mengkroscek kepengurusan dan pengurus inti, 30 persen keterwakikan perempuan serta dokumen domisili.

“Semuanya lengkap dan partai berlambang bintang mercury ini dan memenuhi syarat,” ujar tim verifikator ini, usai melakukan verifikasi faktual untuk Partai Demokrat Banjarmasin.

Termasuk, kata dia, keabsahan keanggotaan yang diverifikasi, yang hanya mengambil sampel 5 persen atau sekitar 40 orang dari jumlah keanggotaaan partai tersebut.

Ketua DPC Partai Demokrat Banjarmasin H Abdul Gais bersyukur partainya dinyatakan memenuhi syarat. “Saya berterimakasih atas kehaditan kawan-kawan yang sudah datangvsaat verifikasi ini dan keterwakilan perempuan di Demokrat Banjarmasin yang melebihi 30 persen,” katanya.

Kedepan, ia memastikan, pihaknya akan melakukan penguatan internal partai hingga tingkat akar ranting, serta persiapan menghadapi Pileg mendatang. “Salah satunya menggelar Muscab untuk kepengurusan baru,” ucapnya.

Soal target, anggota DPRD Banjarmasin ini, memasang sembilan kursi atau minimal mendapatkan jatah unsur pimpinan di DPRD Banjarmasin.

“Perolehan suara pada Pileg lalu Demokrat Banjarmasin merosot, dari 11 kursi di Pileg 2009 menjadi 4 kursi di Pileg 2014,” sebutnya.

Walau dirasa berat untuk menambah lima kursi, Gais yakin kepengurusan Demokrat Banjarmasin bisa mewujudkan target sembilan kursi tersebut.

Selain Partai Demokrat Banjarmasin ada tiga partai politik yang diverifikasi serentak oleh KPUD Banjarmasin hari ini sekitar pukuk 10.00 Wita, yakni Partai Golkar, PKB dan Partai Gerindra. (farid)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top