Balangan

Membanggakan, Pelajar di Balangan Mampu Kembangkan Lahan Karet

PARINGIN, klikkalsel.com – Adaro Indonesia menyerahkan kebun karet entres kepada Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian dan Pembangunan Negeri (SMKPPN) Paringin, sekaligus sadap perdana karet di lahan praktek (04/3/2020 ) di kebun karet Gampa Kecamatan, Paringin Selatan.
Penyerahan tersebut juga dihadiri Bupati Balangan, H Ansharuddin dan Kasi Bidang Kurikulum Disdik dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, Siti Nuraida, Camat Paringin Selatan, Kepala SMK se Kabupaten Balangan, dan perwakilam PT Adaro serta tokoh masyarakat.
Kepala Sekokah SMKPPN Paringin, Syahruddin, menyapaikan karet yang ada lahan praktek ini sudah berumur 7 tahun, bahakan dalam 4 hektar lahan karet sudah bisa disadap.
“Kita sebagai sekolah yang berkurikulum pertanian termasuk pembelajaran pengembangan perkebunan karet ini akan terus membantu pengembangan potensi alam di Balangan melalui pembentukan SDM pelajar yang siap pakai dibidang perkebunan,” ucapnya.
Dalam kesempatan tersebut, Syahruddin mengucapkan terima kasih kepada Bupati Balangan, dan PT Adaro Indonesia yang selama ini mendukung kemajuan program pembelajaran di SMKPPN Paringin. Harapannya, sekolah ini terus maju meciptakan bibit-bibit handal yang berguna pembangunan di Kabupaten Balangan.
Sementara, Siti Nuraida, menyatakan bangga dengan SMKPPN Paringin ini yang merupakan sekolah pertanian dengan tujuan pendidikan untuk membantu ketahan pangan di Balangan melalui pembentukan SDM Pelajar.
“Pendidikan keterampilan berkebun ini kami nilai mampu menumbuhkan keilmuan anak-anak didik yang diharapkan begitu lulus bisa bekerja ataupun berwirausaha,” harapnya.
Rasa bangga juga disampaikan Bupati Balangan H Ansharuddin, H Ansharuddin, melihat perkembangan SMKPPN Paringin yang mampu menjalankan program sekolah dengan langsung diterapkan di lapangan dan mendapatkan hasil positif bagi perkembangan perkebunan di Balangan.
“Tentu kita bangga, SDM pelajar yang handal seperti ini yang kita harapkan bisa membantu membangun Balangan, dan saya yakin pelajar SMKPPN Paringin ini setelah lulus akan menjadi SDM yang siap pakai,” ucap bupati.
Bupati juga mengimbau agar para pelajar SMKPPN Paringin ini agar terus giat belajar, Pemkab Balangan sudah menyiapkan beasiswa kepada anak-anak didik untuk ranking 1 sampai 3 dan akan dijamin kuliah ke luar daerah baik dalam atau luar negeri.
Ucapan terima kasih juga disampaikan bupati kepada PT adaro atas bantuannya kepada SMKPPN Paringin melalui dana CSR dan berharap kemitraan ini terus berjalan demi percepatan pembangunan di Balangan.(fitri/adv)
Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top