Memasuki Musim Pancaroba, Pemkab Tanbu Antisipasi Penyakit DBD

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, H Damrah (foto : duki/ klikkalsel).

BATULICIN, klikkalsel.com– Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), serius mencegah mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) memasuki musim pancaroba saat ini.

Bahkan, Dinas Kesesehatan Tanah Bumbu membentuk sebuah Kelompok Kerja (Pokja) operasional di seluruh kecamatan di lingkup Pemkab Tanah Bumbu.

H Damrah, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, mengatakan dibentuknya Pokja tersebut untuk mencegah penyakit DBD di musim Pancaroba.

Guna memaksimalkannya maka dilibatkanlah seluruh petugas Puskesmas yang ada di Tanah Bumbu.

“Nah, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk pencegahan penyakit DBD mengingat memasuki pergantian musim kemarau ke musim penghujan,” kata Kadis, Senin (7/10/2019).

Menurutnya, pencegahan penyakit DBD harus sejak dini disosialisasikan kepada masyarakat, dan yang paling efektif masyarakat harus melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Sementara, PSN bisa dilakukan dengan cara tiga M Plus, yakni menguras, dan membersihkan tempat yang sering dijadikan sebagai tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain sebagainya.

Selain itu, cara menutup, yakni menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air. Seperti drum, kendi, toren air, dan lain-lain.

Damrah menambahkan, yang dimaksud dengan plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan lainnya seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.

Misalnya water toren, gentong atau tempayan penampung air hujan yang ada di sekitar rumah.

“Nah, untuk mewujudkan semua itu, maka diperlukan komitmen dan upaya yang luar biasa dari pemerintah daerah, sektor swasta dan peran serta aktif masyarakat untuk bersama-sama dalam melakukan langkah-langkah pencegahan penularan atau mewabahnya penyakit DBD,” pungkas Kadis menutup(duki/adv)

Editor : Amran