Melalui Rumah Zakat, BI Donasikan Rp 191 Juta Untuk Palu Dan Donggala

Teks foto : Perwakilan Bank Indonesia Kalsel dan Rumah Zakat Kalsel berfoto bersama. (baha/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalsel dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Kalsel menyerahkan donasi sebanyak Rp 191.603.200 untuk korban gempa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Bantuan itu dikumpulkan lewat kegiatan Donasi Dari Banua di Duta Mall Banjarmasin sejak tanggal 4 – 10 Oktober ini dan diserahkan ke Rumah Zakat Kalsel, di Gedung Perwakilan BI Kalsel, Kamis (11/10/2018).

Brand Manager Rumah Zakat Kalsel Muhammad Luthfi Alfin mengatakan akan mealokasikan donasi tersebut untuk kebutuhan mendesak korban bencana di Palu dan Donggala.

Kebutuhan ini antara lain untuk evakuasi korban, keperluan medis, dapur umur, perlengkapan ibu dan anak, tempat tinggal, genset, kain kafan, dan logistik yang dibutuhkan para korban.

“Kebutuhan paling banyak yaitu logistik, itu yang paling banyak donasi ini akan disisipkan,” katanya.

Bahkan, ia mengucapkan donasi dari perbankan ini cuma sebagian kecil dari masyarakat Kalsel yang membantu korban bencana gempa sekaligus tsunami ini.

Soalnya, ia mengakui antusias masyarakat Kalsel khususnya Banjarmasin sangat besar dalam kegiatan sosial seperti ini.

Terbukti dari awal terjadinya bencana sampai sekarang, ada Rp 500 Juta lebih yang telah didonasikan dari masyarakat Banjarmasin ke tempat lokasi bencana.

“Uang Rp 500 Juta ini, bukti antusias rakyat Banjarmasin peduli dengan sesama,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris BMPD Kalsel Mohammad Irwan membeberkan bahwa pengumpulan donasi ini, lebih bagusnya tidak menunggu adanya bencana sosial lebih dulu.

“Jangan menunggu bencana dulu baru melakukan donasi, lebih bagus lagi kegiatan sosial ini terus dijalankan,” terangnya Kepala Divisi Keuangan Bank Indonesia Kalsel ini. (baha)

Editor : Elo Syarif