Minggu, Oktober 17, 2021

Mau Gelar Aksi Sosial, PP Banjarbaru Dibekali SOP Pembagian Bantuan Saat Covid-19

BANJARBARU, klikkalsel.com – Relawan Gugus Tugas dari Pemuda Pancasila (PP) Banjarbaru mau menggelar aksi sosial dan sudah melaksanakan persiapan. Sebelum itu, organisasi massa ini mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) yang diadakan oleh Gugus Tugas Nasional Relawan Task Force Kemanusiaan (GTN RTFK) Covid-19 secara virtual, Minggu (5/9/2021).

Bimtek dari GTN RTFK itu menyampaikan materi mengenai SOP kerja tim distribusi bantuan dan sosialisasi pada saat pelaksanaan aksi sosial selama Covid-19.
Sekretaris GTN RTFK Covid-19 Yahya Abdul Habib menyampaikan, sebelum menjalankan tugasnya mendistribusikan bantuan, tim relawan wajib memakai atribut dan tanda pengenal serta masker.

Baginya, hal itu sebagai bentuk legalitas resmi dalam menjalankan tugas aksi sosial di tengah masyarakat.

“Tim juga wajib melakukan pendataan penerima bantuan sebanyak 500 paket, dengan membuat tabulasi data penerima bantuan yang berisi nama penerima, NIK, alamat dan nomor HP atau telepon.

Kelompok sasaran paket bantuan ini adalah kader-kader yang membutuhkan dan warga maupun masyarakat terdampak Covid-19,” ujar Yahya.

Tim relawan juga harus melakukan koordinasi kepada pihak-pihak terkait seperti BPBD, TNI-Polri hingga tokoh masyarakat setempat, agar mendapat kemudahan dalam melakukan tugas di lingkungan masyarakat.

Selain itu, tim relawan wajib mengambil foto-foto kegiatan dan video serta testimoni dari para penerima bantuan yang dikirim melalui masing-masing grup WhatsApp Gugus Tugas Covid-19 (GTC) yang ada, sebagai bentuk laporan real pelaksanaan distribusi bantuan yang telah dilaksanakan.

Selanjutnya, GTC melakukan kompilasi foto-foto dan video serta testimoni yang seterusnya dilaporkan kepada gugus tugas nasional sebagai progres laporan perkembangan.

“Kemudian sebagai bentuk laporan visual bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan, tim relawan wajib membuat dokumentasi berupa foto, video, dan testimoni, serta wajib menjaga nama baik organisasi dengan sikap ramah, komunikatif, sabar dan melayani demi lancarnya kegiatan di lapangan,” pungkasnya.

Ketua Gugus Tugas PP Banjarbaru A Yani Makkie mengatakan, pihaknya siap melaksanakan seluruh kegiatan yang diarahkan oleh Gugus Tugas Nasional, baik penyemprotan disinfektan, pembagian 500 paket bantuan, sampai sosialisasi dan edukasi terkait penanganan Covid-19.

“500 paket bantuan itu nantinya akan disalurkan secara bertahap selama 14 hari, begitu juga penyemprotan disinfektan. Ini dilakukan agar masyarakat tahu bahwa Pemuda Pancasila hadir di tengah-tengah mereka,” tutupnya.

Sementara itu Ketua MPW PP Kalsel Hasnuryadi Sulaiman, kegiatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat yang Terdampak pandemi, karena ini merupakan bentuk tanggung jawab moral bersama untuk saling membantu dan peduli serta menumbuhkan rasa kebersamaan dalam masyarakat.

Ketua MPW Pemuda Pancasila Kalsel, Hasnuryadi Sulaiman

Bagi dia, hal itu menunjukkan betapa tingginya solidaritas PP dan selalu berusaha melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Semoga ini dapat memberikan keberkahan dan manfaat bagi seluruh masyarakat, Amin Allahuma Amin,” pungkasnya. (restu)

Editor : Farid

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan