Banjarmasin

Masjid At-Taqwa Sediakan Kotak Amal Unik

BANJARMASIN, klikkalsel- Pengelola Masjid At-Taqwa menerapkan pola baru bagi jamaah yang ingin beramal. Kotak amal dibuat layaknya kota suara dipemilihan anggota legislatif.

Kotak amal yang didesain sedemikian rupa menyerupai kotak suara pemilhan umum untuk memudahkan umat muslim dalam beramal. (foto : baha/klikkalsel)

Biasanya kota amal yang ada di masjid atau mushola hanya disediakan satu. Namun yang dijumpai saat ini di Masjid At-Tqwa yang berada di Jalan Ahmad Yani KM 4,5, ada empat kotak amal yang bisa dipilih, yaitu zakat, yatim piatu, fakir miskin dan bantuan palestina.

Ketua Tenaga Teknis/Pelaksana Harian, HM Hasbi Assidiqi mengatakan, bahwa ini merupakan inisiatif dari pihak masjid untuk membuat terobosan agar memudahkan umat muslim disekitar masjid untuk beramal.

“Ini memang inisiatif dari kami agar nantinya orang yang berada di masjid bisa terketuk hatinya untuk menyisihkan uangnya tanpa perlu mencari pihak masjid,” ujar Hasbi Assidiqi, Kamis (15/2/2018).

Sebelum membuat celengan kotak amal yang berjalan pada awal Januari tersebut, Hasbi sudah berkonsultasi dengan ulama ahli fiqih, karena untuk melakukan zakat biasanya ada serah terima atau biasa disebut akad.

Ahli fiqih sudah menyatakan bahwa, itu sah asalkan penyumbang zakat ada niatan dan ikhlas untuk menyisihkan uangnya, selain itu kotak amal ini pun telah disetujui oleh Baznas.

Menariknya lagi, untuk penyaluran kotak amal seperti zakat ini diprioritaskan bagi kalangan tidak mampu yang jarang ke masjid. Selanjutnya untuk proses pengambilan zakat ini diadakan sebelum shalat Jumat dan diharuskan melapor ke pihak masjid agar bisa dicairkan setelah shalat jumat.

Sama halnya dengan kotak amal zakat, kotak amal fakir miskin ini disalurkan berupa nasi bungkus dengan memberikan kupon makan sebelum sholat zuhur yang kemudian setelah selesai sholat zuhur pihaknya langsung membagikan nasi bungkus tersebut.

“Mau tidak mau untuk mengambil zakat dan makanan mereka mesti shalat jamaah dulu, jauh sebelum adanya kotak amal ini memang sudah kami terapkan,” ucapnya.

Sementara, untuk kotak amal anak yatim disalurkan kepada 42 binaan anak yatim dari 10 Rukun RT yang berada di lingkungan sekitaran masjid. Biasanya, dibagikan pada saat kegiatan 10 Muharam dan bulan Ramadhan. Sedangkan, bantuan Palestina untuk penyalurannya diserahkan langsung kepada Rumah Zakat.

Hasbi berharap dengan adanya kotak amal ini nantinya bisa memudahkan umat muslim yang ada disekitar masjid untuk menyerahkan zakatnya ke kotak yang sudah disediakan apabila petugas masjid tidak berada ditempat.(baha)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top