Banjarmasin

Masjid Sabilal Muhtadin Pastikan Gelar Salat Ied, Jemaah Diminta Taati Prokes

BANJARMASIN, klikkkalsel.com – Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin mendapat lampu hijau menggelar Solat Idul Fitri 1442 H/2022 M. Dalam pelaksanaannya, jemaah dimintai mentaati protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penyebaran Covid-19.

Salat Idul Fitri di masjid kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) ini rencananya digelar di lapangan parkir sisi barat. Untuk persiapannya dilakukan pada H min satu sambil menunggu kepastian penetapan Idul Fitri dari pemerintah.

Sekretaris Umum Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Samsul Rani mengatakan
panitia telah mempersiapkan solusi untuk mengantisipasi membludaknya jemaah, selain mempersiapkan masker dan tempat cuci tangan. Sesuai imbauan pemerintah, sebutnya, durasi khutbah juga dipersingkat.

“Dilaksanakan sesederhana mungkin, kita sangat menjaga protokol kesehatan,” tuturnya kepada awak media, Selasa (11/5/2021).

Dia menambahkan, panitia masjid juga mengimbau jemaah yang akan melaksanakan Salat Ied di Masjid Raya agar membawa sendiri alas salat atau sajadah sendiri, serta berwudhu dari rumah masing- masin. Hal ini disarankan agar tidak terjadi penumpukkan di waktu pelaksanaan ibadah.

Terpisah, Penjabat Wali Kota Banjarmasin, Akhmad Fydayen meminta pelaksanaan Salat Idul Fitri menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19. Dia juga meminta kesigapan panitia dan Satgas PPKM dalam penerapan prokes saat pelaksanaan salat ied.

“Tolong lah diperhatikan warga kita, kalau yang tidak memakai masker dikasih makser dan diimbau membawa sajadah masing-masing,” pungkasnya. (rizqon)

Editor : Akhmad

To Top