Religi

Masjid Raya Sabilal Muhtadin Laksanakan Ibadah Nisfu Sya’ban

BANJARMASIN,klikkalsel.com – Malam Nisfu Sya’ban dimanfaatkan warga Banjarmasin untuk melaksanakan ubadah berjemaah di Masjid Sabilal Muhtadin, Minggu malam (28/3/2021).

Jemaah yang datang ke Masjid Sabilal Muhtadin tanpa alasan melaksanakan ibadah Nisfu Sya’ban yang menjadi penanda setengah bulan terakhir jelang Bulan Ramadhan.

“Kita akan melaksanakan di lapangan, sehingga protokol kesehatan (Prokes) benar-benar bisa diterapkan, itu strateginya,” kata Sekretaris Pengurus Mesjid Sabilal Muhtadin, Syamsu Rani.

Keputusan itu dikeluarkan pengurus mesjid, mengingat aturan pemerintah dimasa pandemi agar mengurangi kerumunan. Sebab jika digelar dalam mesjid, sulit mengatur jarak para jemaah.

Agar pelaksanaan sesuai prokes, pengurus mesjid dibantu petugas keamanan akan mengarahkan para jemaah untuk menempati staf yang sudah ditata.

“Kalau didalam masjid akan berdesak desakan, kita gelar dihalaman agar jarak antar jemaah akan,” katannya.

Pihaknya juga menyiapkan tempat cuci tangan di pintu masuk, menyiapkan masker jika ada jemaah yang lupa membawa masker serta melakukan sterilisasi seluruh lingkungan mesjid, termasuk kendaraan jemaah yang ada di lokasi parkiran.

“Kendaraan jemaah di tempat parkir juga di semprot desinfektan,” ucapnya.

Pelaksanaan ibadah yang dipimpin Ustadz Ilham ini tidak akan membatasi. Biasanya jemaah yang ikut salat tidak terlalu banyak dibanding saat Idul Fitri maupun Idul Adha. Karena mesjid dan musholla lainnya juga akan menggelar ibadah Nisfu Syaban.

“Tidak ada dibatasi, karena mesjid dan musholla juga menggelar ibadah yang sama,” pungkasnya.(azka)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top