Banjarmasin

Masjid Ini, Peninggalan Saudagar Kaya Muhammad Syazali

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Di tepian Sungai Martapura, tepatnya berada di Jalan Seberang Mesjid, RT.05, No 45, Kecamatan Banjarmasin Tengah, berdiri sebuah Masjid Syazali. Masjid tersebut sebagai tempat peribadatan dan jantung kehidupan warga sekitar.

Dan ternyata asal usul nama Masjid tersebut merupakan nama seorang saudagar.

Wijaya salah seorang warga sekitar menceritakan, dulu masjid Syazali adalah sebuah Langgar atau Mushola yang dibangun tahun 1940 an. Dimana awal lokasi pemberian dari seorang saudagar yang kaya bernama Muhammad Syazali.

Syazali adalah seorang pedagang yang cukup masyur saat itu, sejumlah kapal, tanah dan properti lainnya dimiliki.

“Beliau adalah warga seberang masjid meamanatkan tanahnya untuk didirikan sebuah langgar,” kata Wijaya kepada klikaklsel, Sabtu (20/9/2020).

Saat ditanya tahun berapa langgar tersebut dijadikan Masjid? Wijaya yang merupakan cicit Syazali ini tak bisa memastikan tanggal dan tahunnya, sebab data masjid yang dimiliki sebagian telah musnah akibat musibah kebakaran yang melanda kawasan sekitar.

“Kawasan tersebut pernah megalami kebakaran beberapa kali termasuk rumah miliknya Muhammad Syazali, sehingga sejumlah data yang dimiliki tidak terlalu lengkap, tapi yang jelas seiring perkembangannya dimana warga kian banyak, dan untuk bisa menampung jamaah dilakukan perbaikan perbaikan,” ucapnnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Rustam Efendy warga sekitar, yang berusia 74 tahun, masjid yang dulunya langgar tersebut memang salah satu kebanggaan warga sekitar terutama warga Seberang masjid.

“Sejak saya kecil, langgar tersebut sudah berdiri dan kini menjadi masjid tentunnya memiliki nilai sejarah bagi kami warga sekitar ,” kata Rustam. (azka)

Editor : Akhmad

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top