Politik

Masa Tenang, Petugas Gabungan Bersihkan APK Paslon

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Tahapan Kampanye telah berakhir, dan memasuki masa tenang, petugas Gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Bawaslu dan KPU, menurunkan ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) di Banjarmasin.

Penurunan APK yang dimulai dengan Apel gabungan di halaman Balaikota Banjarmasin tersebut menurunkan lebih dari 100 pasukan, yang disebar di 5 Kecamatan di Banjarmasin.

Para petugas dilepas secara langsung oleh Plt Walikota Banjarmasin, H Hermansyah tersebut, saat memimpin apel pasukan gabungan tersebut.

Hermansyah berharap kegiatan yang dilaksanakan pada tengah malam tersebut bisa berjalan dengan aman dan tertib. “Mudah-mudahan kegiatan berjalan aman dan lancar, serta terus menjaga keselamatan saat melakukan penertiban,” ucapnya. Minggu (6/12/2020) tengah malam.

Sementara itu, Koordiv Hukum dan Humas Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, menyampaikan bahwa penurunab APK ini sudah merupakan perintah undang-undang dan PKPU 11 Tahun 2020.

“Di PKPU 11 Tahun 2020 tegas mengatakan bahwa KPU bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan Bawaslu, melakukan penurunan APK maksimal 3 hari sebelum pemungutan suara,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan pembersihan APK tersebut tidak hanya dilakukan di jalan-jalan besar saja, melainkan juga di jalan-jalan lingkungan yang kecil.

“Penertiban ini kita memerlukan kerjasama semua pihak baik dari KPU, Bawaslu, TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan perwakilan Paslon juga. Karena masa tenang adalah masa dimana kita kembali menurunkan tensi politik yang sudah ada,” terangnya

Selain itu, Ketua KPU kota Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah, mengatakan bahwa tiga hari menjelang pencoblosan, seluruh alat sosialisasi paslon berupa APK memang harus sudah dibersihkan.

“Kita juga berharap kerjasama masyarakat agar bisa menurunkan APK yang dipasangnya. Karena kita tidak mengetahui titik mana saja yang sudah dipasangi APK yang berjumlah 200 persen dari jumlah yang yang sudah difasilitasi KPU,” imbuhnya.

Apabila besok masih ada APK yang belum sempat dibersihkan pada malam ini, pihaknya melalui petugas yang berada di bawah pimpinannya untuk kembali membersihkannya.

“Tidak hanya hari ini, masih ada sweeping lanjutan,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top