Fenomena

Mapala Uniska Gelar Canal Tour

BANJARMASIN, klikkalsel – Pada rangkaian kegiatan Galon Rafting Competition VI tingkat nasional, Mapala Uniska mengajak pesertanya untuk menikmati wisata sungai (susur sungai) di Banjarmasin, Kamis (26/4/2018).

Mengawali lomba Galon Rafting tingkat nasional, Mapala Uniska melakukan Tour Canal di sungai Banjarmasin. (ganang/klikkalsel)

Menurut Ketua Pelaksana Galon Rafting Ahmad Said Syahdi, salah satu rangakaian kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk pengenalan wajah kota Banjarmasin yang dikenal dengan sebutan kota seribu sungai.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan agar peserta yang sebagain berasal dari luar Kalsel agar tahu budaya dan kearifan lokal Banjarmasin yang lebih khas, karena kehidupan masyarakatnya di bantaran sungai.

“Peserta lomba Galon Rafting Nasional sebelum mereka bertanding, kami ajak wisata susur sungai dan ini adalah untuk mengenalkan wajah kota Banjarmasin,” katanya disela kegiatan.

Said melanjutkan, rute wisata sungai ini, peserta dibawa ke arah pemukiman padat penduduk bantaran sungai di wilayah Kelayan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, yang durasinya sekitar 2 jam untuk mengelilingi wilayah sungai Kelayan dan sungai Begau.

“Peserta kanal tour kami ajak mengenal kota Banjarmasin dengan menggunakan kelotok (Perahu bermotor) selama dua jam,” ucapnya.

Said menambahkan, rangakaian acara tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April. karena itu Mapala Uniska selaku Panitia Pelaksana mengajak peserta canal tour tersebut, untuk mengikuti giat baksos yakni membersihkan sampah di sungai.

Bobbi, salah satu peserta anggota Mapala Himapaus, STIE Urip Sumoharjo Surabaya, mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut di Banjarmasin.

Bagi dirinya ini adalah pengalaman kali pertama menjelajah sungai di kota Banjarmasin.

“Selain dikenalkan wajah kota Banjarmasin yaitu sungai, kami juga diminta untuk membersihkan sampah di sungai. Sebagai bentuk kepedulian lingkungan,” tutupnya. (fachrul)

Editor : Elo Syarif

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top