Batola

Manfaatkan Waktu Kosong, Anggota Polres Batola Bercocok Tanam dengan Hidroponik

MARABAHAN, klikkalsel.com – Anggota polisi di Polres Kabupaten Barito Kuala (Batola) mengisi waktu kosongnya untuk bercocok tanaman melalui hidroponik.

Bripda Mustafa Adi Prabowo memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya untuk bercocok tanam melalui metode hidroponik. Hasilnya, selain dikonsumsi sendiri dan dijual untuk menambah penghasilan, hasil panen juga dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Mustafa yang tercatat sebagai bagian Sumda Polres Barito Kuala, mulai mengembangkan tanaman hidroponik sejak 2 tahun terakhir.

Mustafa memanfaatkan pekarangan rumahnya di Jalan Aes Nasotion Kecamatan Marabahan. Dia mengaku tertarik mengembangkan tanaman setelah ada instruksi dari Kapolri dan Kapolda Kalimantan Selatan untuk mewujudkan ketahanan pangan. Selain itu Mustafa juga senang dengan dunia pertanian.

“Saya memilih media penanaman dengan sistem hidroponik, dikarenakan daerah tempat tinggalnya merupakan daerah lahan gambut,” kata Mustafa.

Mustafa belajar bercocok tanam sistem hidroponik melalui internet, dari situ mencari bahan yang dibutuhkan, seperti pipa paralon, ember dan sebagainya. Untuk benih ia membeli benih selada, berbagai jenis sawi dan seledri.

Hasil panen, Mustafa mengaku ada yang dikonsumsi sendiri, dijual ke Banjarmasin serta dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Selain berhasil mengembang tanaman hidroponik,sebelumnya Mustafa juga mengembangkan tanaman jamur tiram di bagian belakang rumah.

Dari tanaman hidroponik dan jamur tiram, untuk perbulannya memiliki omzet hingga jutaan rupiah sehingga bisa menambah perikonomian keluarga, pungkasnya.(muhammad)

Editor : Amran

To Top