Pendidikan

Mahasiswa STAI Rakha Amuntai Diasah Kemampuan Jurnalistik

AMUNTAI, klikkalsel.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), H. Adi Lesmana mengajak mahasiswa untuk mengasah keterampilan jurnalistik dan mampu melihat fenomena sosial, juga peka dengan peristiwa dan kondisi sekitarnya.

Demikian disampaikannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rasyidiyah Khalidiyah (RAKHA), di Aula Kampus. Minggu, (7/2/2021).

“Dengan adanya pelatihan jurnalistik ini menambah lagi kemampuan pemuda kita atau mahasiswa, khususnya di HSU sendiri untuk melakukan kegiatan jurnalistik, tulis menulis, maupun liputan dan sebagainya,” ujarnya.

Ia menyatakan, bangga kepada para mahasiswa di LPM yang sudah memulai satu langkah yang besar, karena tidak semua orang memiliki kemampuan dalam jurnalistik.

“Jurnalistik juga merupakan aktualisasi dari kecerdasan seseorang dalam melihat kemampuannya menulis, kemudian dalam satu bentuk liputan, reportase tulisan maupun dalam bentuk video,” jelasnya.

Adi juga mengatakan, pada era ini media untuk menulis sudah terbuka lebar. Dimana saja kita bisa menulis, di website, blog, media sosial, ataupun membuat konten video di berbagai macam media lainnya, dengan tetap memperhatikan etika masyarakat dan hukum.

“Unsur-unsur berita seperti 5W + 1H, teknik penulisan seperti piramida terbalik, dan juga nilai berita,” imbuhnya.

Ketua STAI Rakha, H. Taufikurrahman, juga mengharapkan hal ini dapat meningkatkan nilai kampus di mata publik, kemudian pelatihan ini dapat menghasilkan wartawan yang profesional.

“Kami berharap kerja sama dengan Diskominfo Kabupaten HSU dapat mengembangkan keterampilan jurnalistik mahasiswa di kampus ini,” tukasnya.

Sebelumnya, Pelatihan Pra PJTD telah dilaksanakan pada hari Senin hingga hari Kamis, 1-4 Febuari 2021 dan dilanjutkan dengan PJTD yang dilaksanakan pada hari Sabtu sampai dengan Minggu 6-7 Febuari 2021.

Kegiatan PJTD dihadiri Ketua STAI, Kepala Diskominfo Kabupaten HSU, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) HSU, Dewan pembimbing LPM Al-Fajar RAKHA Amuntai, dan Pimpinan Umum LPM Al-Fajar tahun 2021. (doni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top