HST

LMI Lakukan Pembinaan Rutin Muallaf di Patikalain Kabupaten Hulu Sungai Tengah

BARABAI, klikkalsel.com – Lembaga Manajemen Infaq (LMI) lakukan pembinaan rutin setiap 2 kali dalam sebulan kepada Muallaf di Patikalain, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Kegiatan tersebut dilakukan guna menjalin silaturahmi dan adanya pendampingan rutin terlebih kepada adik-adik di desa yang katanya mirip Netherland ini.

“Awal menginjakkan kaki di Desa Patikalaian, yang katanya dikenal pula Desa Muallaf ini ialah bersama sahabat @humaninitiative_id untuk kegiatan PFA (Psikologi First Aid) pasca banjir yang melanda HST, Kalimantan Selatan 144 hari silam,” ucap Laila dari LMI, Kamis (10/6/2021).

Diketahui, sebelumnya LMI mendapatkan informasi banyak yang Muallaf disana, terlebih terbatasnya sumber daya manusia (SDM) yang mengajar, maka sahabat LMI meminta perlunya pendampingan disana.

Maka, semenjak bulan Maret LMI hadir memberikan pembinaan, hingga hari ini terus berlanjut bersama adik-adik disana.

“Kita terus hadir untuk mendampingi adik Ming-ming, Laras, Yuko, Lisa, Sikembar Nisa dan sahabat gemes lainnya,” tutur Daiah dari LMI tersebut.

Pembinaan yang dilaksanakan adalah belajar membaca Al Qur’an dengan metode otak kanan, agar baik dan benar bacaannya.

Tak lupa diajarkan shalat dan berwudhu. Kemudian, untuk membiasakan diri berkarakter positif, maka ditanamkan melalui kisah-kisah Islami, games seru maupun lagu-lagu penyemangat untuk mereka.

Dalam kegiatan itu adik-adik yang berhadir sejumlah 15 orang. Hal ini dikarenakan jaraknya yang lumayan jauh dari rumah anak-anak ke lokasi pembinaan.

Tempat lokasi yang dipakai untuk pembinaan adalah rumah ibu Aluh selaku tokoh yang cukup berpengaruh di desanya.

Lambat laun adik-adik yang mengikuti pembinaan tersebut terus bertambah, hingga kini sudah mencapai 45 orang.

Menariknya, tidak hanya adik-adik Muallaf yang ikut belajar dan bermain, namun adik-adik yang non-muslim pun ikutserta dalam kegiatan tersebut. Katanya, agar ketika masuk Islam, sudah bisa membaca Al-Qur’an.

“Tak lupa pula, dalam kegiatan ini juga berkolaborasi dengan sahabat lainnya seperti Pak Hasli selaku PKS HST, Bu Nida dari BPKK HST, sahabat LAZISMU, Muhammadiyah, Relindo dan lainnya. Demi HST yang lebih baik!,” tutup Laila.(dayat)

Editor : Amran

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top