Pendidikan

Lima Putra Putri Terbaik Tabalong Dikuliahkan ke Universitas Al-Azhar Kairo Mesir

TANJUNG, klikkalsel.com – Kabupaten Tabalong terus meningkatkan pembangunan sumber daya manusianya dalam aspek pendidikan.

Kali ini, lima putra putri Bumi Sarabakawa diberangkatkan untuk menempuh pendidikan tinggi berkuliah di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir.

Keberangkatan mereka dilepas secara resmi oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, Kamis (7/1/2021) di Aula Tanjung Puri, Setda Tabalong. Pelepasan ditandai dengan pemberian masker dan uang saku.

Anang Syakhfiani mengatakan, pelepasan ini menambah jumlah putra putri Tabalong yang menempuh pendidikan di Timur Tengah.

“Sebelumnya ada juga di Yaman,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Anang mengungkapkan, dirinya sangat bangga dapat melepas lima putra putri Tabalong untuk menempuh pendidikan di Timur Tengah.

Sebab menurutnya, pelepasan sebelum-sebelumnya tidak pernah sebanyak ini, biasanya hanya satu atau dua orang.

“Ini artinya kualitas pendidikan di Tabalong untuk tingkat menengah atas itu sudah mengalami peningkatan, buktinya kita sudah bisa bersaing dengan putra putri lain di seluruh dunia,” ungkapnya.

Dikatakan Anang, kebanggaan ini tentu saja semakin lengkap apabila lima mahasiswa tersebut cepat selesai menempuh pendidikan dan kembali ke Tabalong.

“Karena kami membutuhkan anak-anak sekalian, kita butuh orang-orang Tabalong yang punya pendidikan tinggi agama Islam karena lulusan Al-Azhar ini dicari orang di seluruh Indonesia, jangan sampai tidak ingat dengan Tabalong,” ujarnya.

Anang juga mengingatkan agar putra putri ini tetap mematuhi protokol kesehatan saat berada di timur tengah.

“Bantuan masker tadi untuk mengingatkan bahwa saat ini masih berada di situasi pandemi, saat ini lagi ada tren peningkatan, mudah-mudahan anak-anakku sekalian bisa menjaga kesehatan dan ingat protokol kesehatan pakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, hindari kerumunan dan selalu ingat kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Tabalong, H Mahdi Noor mengutarakan sampai saat ini ada puluhan putra putri Tabalong yang menempuh pendidikan di luar negeri.

“Di China ada 17 orang, mandiri 10 orang dan kerjasama pihak perusahan 7 orang dan di timur tengah ada 11 orang, yang insyaallah akan melepas lagi sebanyak lima orang hari ini,” jelasnya. (arif)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top