LGBT Mulai Berani Menampakkan Diri

BANJARMASIN, klikkalsel– Pro dan kontra terkait kehadiran kelompok  Lesbian Gay Bisexual Transgender (LGBT) mulai diperdebatkan.

Bagi mereka yang membela, menilai bahwa orientasi sex seseorang merupakan hak asasi, dan tidak ada seorangpun yang boleh menentukannya.

Sementara, bagi mereka yang menolak, menilai bahwa yang memiliki orientasi seks LGBT, merupakan penyakit sosial, yang bertentangan dengan agama, dan tatanan sosial yang sudah ada.

Terlepas pro dan kontra atas kelompok LGBT belakangan ini, sejatinya kaum LGBT sudah lama ada dan hidup di tengah masyarakat, termasuk di Kota Banjarmasin.

Bahkan kelompok ini hidup di lingkungan yang secara terang terangan sudah menampakkan diri. Baik melalui simbol atau lambang tersendiri bahkan melalui akun di medsos.

Wakil Rektor I Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, DR Jarkawi mengatakan fenomena ini memang sudah lama ada dan tidak di Indonesia atau bahkan Kalsel saja.

“LGBT sudah lama ada dan mungkin baru akhir-akhir ini mencuat lagi. Bahkan di luar sana hal seperti ada yang melazimkan,” ujarnya.

Saat disinggung para pelaku yang ada khususnya di Banjarmasin sebagian berasal dari kalangan mahasiswa, dirinya mengaku turut prihatin dan sedih.

“Kita prihatin kepada anak-anak kita dari kalangan terpelajar malah menjadi bagian dari hal-hal negatif ini. Untuk itu kita akan berikan psyco edukasi untuk memberikan pengetahuan bahaya LGBT  ,” ujarnya.

Menurutnya, ada dua faktor besar yang mendorong munculnya prilaku LGBT ini. Selain faktor gen juga faktor lingkungan yang membuat orang cenderung berbuat menyimpang.

“Lingkungan memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan prilaku seseorang, termasuk serangan teknologi dimana orang dengan mudah mengakses banyak hal, termasuk hal-hal negatif,” tekannya.

Sebagai masukan ditambahkannya,para pelaku LGBT dari berbagai kalangan, khususnya mahasiswa yang ingin keluar dari prilaku tersebut dapat mendatangi bimbingan konseling.

“Kita di UNISKA Banjarmasin memiliki Bimbingan Konseling Komunitas , sehingga kita akan menerima dengan tangan terbuka bagi mereka yang ingin lepas dari persoalan tersebut,” pungkasnya. (david)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.