Budaya

Lestarikan Kearifan Lokal, Kodim 1002/Barabai Gelar Festival Bela Diri Tradisional Kuntau.

BARABAI, klikkalsel.com – Melestarikan kearifan lokal, Kodim 1002/Barabai menggelar festival beladiri tradisional Kuntau bertempat di halaman Makodim jalan Telaga Padawangan Kelurahan Barabai Timur Kecamatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Senin (10/8/2020).
Festival Pencak Silat dalam rangka komunikasi sosial (komsos) kreatif tahun 2020, yang diselenggarakan oleh Kodim 1002/Barabai kali ini bertema “Membentuk SDM Kreatif, Inovatif, dan Adaptif”. Adapun diikuti 100 peserta dari 25 perguruan Kuntau yang ada di Kabupaten HST.
Kegiatan dibuka Komandan Kodim 1002/Barabai Letkol Inf Muh Ishak H Baharuddin, ditandai dengan pemukulan Gong.

“Tujuan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan TNI dengan masyarakat, tentunya juga melestarikan kebudayaan daerah khususnya pencak silat tradisional kuntau yang ada di HST ini, sebagai salah satu olahraga peninggalan budaya leluhur Bangsa Indonesia yang menggabungkan seni budaya dan olahraga,” tutur Dandim 1002 Barabai.

Ia menilai, kegiatan seperti ini satah satu media untuk menyalurkan potensi dan bakat remaja yang kreatif. “Pencak silat beladiri tardisonal Kuntau mengajarkan kita untuk mengembangkan diri dan memerpertahankan diri,” imbuhnya.
Festival ini sebagai ajang silaturrahmi perguruan Kuntau, karena Kuntau bukan hanya mengasah ilmu beladiri semata, akan tetapi untuk menumbuhkan nilai-nilai yang melekat dengan Kuntau itu sendiri, seperti sikap kesatria dan tidak sombong.
Dandim juga berharap, dari festival itu dapat melahirkan pemuda-pemudi yang handal, sekaligus dapat memberikan kontribusi postif bagi TNI serta masyarakat baik tingkat lokal maupun nasional.
“Saya berpesan kepada seluruh peserta dan penyelenggara agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” tegas Dandim. (wawan)
Editor : Akhmad
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top